Membuat Salad Buah
Salad buah adalah berbagai kombinasi dari buah-buahan, dipotong menjadi kubus dan diberi saus di atasnya, yang tidak hanya bergizi tetapi juga sangat lezat.
Salad buah rendah lemak, rendah kalori, serta kaya akan vitamin dan pektin, sehingga dapat memberikan rasa kenyang setelah memakannya, dan sangat ideal untuk orang yang sedang diet.
Cara membuat saus salad buah sebagi berikut:
1. Untuk membuat saus salad kita perlu menyiapkan 120 minyak salad, 30 gram susu bubuk, 1 butir telur, 30 gram gula putih, dan 2 gram cuka putih terlebih dahulu, atau bisa juga menggunakan setengah buah lemon.
2. Tuang minyak ke dalam panci, dan panaskan minyak dengan api sedang. Bila cepat muncul gelembung kecil, matikan api dan sisihkan minyak hingga dingin. Umumnya pilihlah minyak yang tidak berwarna untuk saus salad lebih efektif.
3. Kocok telur dalam mangkuk stainless steel, tambahkan gula dan susu bubuk, kemudian aduk hingga rata dengan sumpit, lalu kocok dengan pengocok hingga putih telur menggumpal.
4. Tambahkan 2 mangkuk air ke dalam panci dan panaskan air sekitar 80 derajat dengan api sedang. Masukkan wadah berisi telur ke dalam panci air panas.
Selanjutnya, pertahankan suhu ini untuk mengocok telur selama 1 menit.
5. Tambahkan sesendok minyak ke dalam panci dan aduk rata minyak dengan campuran telur. Tambahkan satu sendok makan minyak lagi dan lanjutkan mengocok hingga campuran telur dan minyak benar-benar tercampur.
Ulangi tindakan ini, ketika Anda merasa campuran telur agak lunak dan lengket, tuangkan 2 gram cuka putih dan cambuk sampai campuran cuka putih dan telur benar-benar menyatu.
6. Apabila saus salad sudah halus, lengket saat ditarik, itu menunjukkan bahwa saus salad sudah siap!
Selanjutnya, membuat salad buah sebagai berikut:
1. Pertama, cuci dan kupas melon dan beberapa buah yang Anda sukai. Lalu potong kecil-kecil, dan taruh potongan buah di atas piring.
2. Lalu Anda dapat menambahkan potongan kacang polong di atasnya, apabila Anda menyukai kacang polong.
3. Terakhir, siram saus salad sesuai selera Anda.
Catatan lainnya:
1. Jumlah buah bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera, dan bahan baku rujak buah sebaiknya pilih buah yang segar.
2. Saus salad bisa diganti dengan saus Thousand Island atau yoghurt sesuai selera Anda.
3. Gunakan minyak salad yang baik dan kuning telur yang segar untuk membuat saus salad.