Jus Semangka
Jus semangka adalah jus yang dibuat dari buah semangka. Ini adalah buah yang sering dimakan orang di musim panas, karena memiliki rasa segar dan mudah dijumpai saat musim panas. Semangka memiliki kandungan kadar air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 92%. Meski buah semangka rendah akan kandungan kalori, akan tetapi buah ini tetap bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makanpun akan dapat terkendali. Jadi, semangka cocok banget dijadikan sebagai pilihan buah untuk program menurunkan berat badan.
Lalu kenapa orang masih bilang kalau makan semangka itu bisa gemuk?
Apabila Anda ingin membuat jus semangka sendiri dirumah, maka Anda bisa mulai untuk mempelajari cara membuat jus semangka.
Bahan-Bahan:
- 1 buah semangka
- Es batu (jumlah sesuai dengan selera masing-masing)
Langkah-Langkah:
1. Siapkan semangka.
Semangka yang baru saja dibeli, relatif segar. Tetapi kekurangannya adalah tidak cukup dingin, sehingga hasil nya tidak dingin. Apabila Anda ingin jus semangka Anda dingin, Anda perlu menyiapkan es batu terlebih dahulu.
2. Semangka dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam wadah, biji semangka tidak perlu dibersihkan diawal. Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkan biji semnagka di awal karena diakhir pembuatan , jus semangka akan di saring biji nya dengan alat saringan . Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot membersihkan biji semangka satu persatu.
3. Masukkan potongan semangka ke dalam cangkir masak, tetapi beberapa orang suka menggunakan jus juicer.
4. Tutup cangkir saat dimasukkan ke dalam mesin memasak. Selanjutnya aduk dan haluskan.
5. Ambil wadah dan taruh saringan di atas wadah, dan jus semangka disaring menggunakan alat saring. Jus semangka disaring untuk menyaring biji semangka .
6. Setelah disaring, Anda bisa menuangkan jus semangka yang sudah disaring ke dalam cangkir, memasukkan es dalam jumlah yang tepat, lalu Anda bisa menikmatinya.
Tips: Semangka yang sudah dibelah harus segara dimakan karena semangka yang sudah dibelah, mungkin akan tumbuh bakteri. Apalagi jika dibungkus dengan plastik pembungkus semangka, bakterinya lebih cepat berkembang biak. Jadi semangka yang masukkan ke dalam kulkas tidak boleh lebih dari 24 jam.
Untuk anak-anak cobalah makan semangka segar dan jus semangka. Tetapi , jika menurut Anda kurang dingin, Anda dapat menambahkan es.
Seperti yang kita semua tahu, jus semangka memiliki efek menghilangkan panas saat musim panas, sehingga meminum jus semangka menjadi keharusan di musim panas.
Gula dan garam yang terkandung dalam air semangka dapat menghilangkan peradangan seperti pada ginjal dan meningkatkan nutrisi penderita nefritis. Semangka juga dapat menghilangkan rasa lelah, mengurangi gejala sakit punggung dan mengurangi pertumbuhan uban.
Air semangka dapat menggantikan komponen fruktosa esensial, yang dapat menghambat penuaan, mencegah sklerosis pembuluh darah, dan memperbaiki alergi. Itu juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga efek semangka sangat signifikan pada orang dengan tekanan darah tinggi.