Fotografi Satwa Liar
Penghargaan Fun Wildlife Photography Awards 2022 telah mengumumkan pemenangnya, dengan foto Jennifer Hadley tentang bayi singa yang menabrak pohon menjadi juara tahun ini. Bayi singa berusia 3 bulan baik-baik saja meskipun gagal naik pohon. Hadley merekam momen menyenangkan ini di Tanzania.
"Ini mungkin pertama kalinya dia berada di pohon dan dia memutuskan untuk mencobanya," kata sang fotografer. Setelah tertimpa nasib buruk, singa kecil itu secara naluriah berhasil mengatur posisinya di udara dan mendarat dengan aman di keempat kakinya.
Fun Wildlife Photography Awards adalah kompetisi tahunan yang menemukan fotografi alam paling lucu yang merayakan sisi yang lebih ringan dari kehidupan dan meningkatkan kesadaran untuk upaya konservasi. Kompetisi ini diorganisir bersama dengan Whitley Fund, organisasi konservasi berbasis di Inggris. Kembali pada bulan Oktober, para penyelenggara mengumumkan daftarnya.
Bukan hanya bayi singa, tetapi penghargaan tersebut juga mengakui pemenang dalam berbagai kategori, termasuk foto burung hantu yang berkedip dan ikan yang "tersenyum", antara lain. The People's Choice Award juga jatuh pada Hadley untuk foto keberuntungan tentang dua penguin. Dua penguin berdiri jauh di pantai, satu melihat ke kejauhan, yang lain melihat ke atas, dan salah satunya mengangkat sayapnya seolah menolak yang lainnya.
Semuanya sangatlah menarik, karena mereka memberi kesaksian tentang kegembiraan yang bisa ditemukan di alam dan sebagai pengingat mengapa sangat penting untuk melindungi dunia dan makhluk yang tinggal di dalamnya.
Penghargaan Fotografi Satwa Liar Lucu
Penghargaan Fun Wildlife Photography dibuat pada 2015. Fotografer profesional, dan konservasionis Paul Joyceon Hicks dan Tom Sulam menciptakan penghargaan ini dengan tujuan utama untuk menemukan mereka yang lucu, hangat, dan sederhana dari hewan, melalui cara yang lucu dan menarik ini. Dengan begitu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan hewan liar dan habitat mereka.
Penghargaan ini telah dicintai oleh orang-orang sejak diciptakannya dan dikenal sebagai kompetisi tahunan untuk "seniman" di kerajaan hewan. Dalam "kontes komedi" yang unik di dunia hewan, hewan lucu itu menunjukkan keterampilan mereka, menunjukkan sisi terlucu mereka, dan menjadi momen kegembiraan yang indah di bawah lensa fotografer. Setiap tahun akan membawa kegembiraan tak berujung pada jutaan penonton di seluruh dunia.
Bagaimana seorang fotografer pemula dapat mengambil foto satwa liar yang menarik?
1. Sabar
Anda tidak dapat meramalkan perilaku hewan liar dalam fotografi satwa liar, dan Anda tidak dapat meminta hewan liar untuk berpose. Disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu kebiasaan dan tingkah laku hewan sebelum Anda memotret mereka, dimana ini akan memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Tentu saja, dibutuhkan waktu berjam-jam, terkadang berhari-hari, perlu memiliki kesabaran untuk mendapatkan foto yang sempurna. Tetapi saat Anda memotret foto tersebut, Anda menyadari bahwa upaya Anda menunggu itu sepadan dengan hasil yang didapatkan.
2. Pilihlah kamera yang dapat diandalkan
Dari sebagian besar kamera di pasaran, hanya beberapa yang dapat bertahan dalam fotografi satwa liar, dan kamera DSLR atau mirrorless yang tahan cuaca dengan lensa yang dapat ditukar lebih direkomendasikan.
3. Pelajari untuk melindungi diri dan perangkat Anda
Bahkan jika peralatan Anda dibangun untuk menahan semua kondisi cuaca, perlindungan ekstra tentunya tetap akan diperlukan. Simpan beberapa persediaan air cadangan dalam jangkauan Anda, jika terjadi hujan deras atau badai secara tiba-tiba. Untuk melindungi diri dari hal yang tak terduga, pilihlah pakaian dan sepatu yang sesuai dengan iklim dan lokasi.