Pesawat Terakhir Boeing
Menurut siaran berita Amerika Serikat Consumer News and Business Channel (CNBC) baru-baru ini, pesawat terakhir Boeing 747 dilepaskan dari pabrik perusahaan di utara Seattle, menandai berakhirnya proses produksi pesawat besar ini selama lebih dari setengah abad, dimana telah resmi menghentikan produksinya.
Boeing 747 ke-1.574 yang terakhir akan diterbangkan oleh seorang pilot uji terbang Boeing, laporannya mengatakan. Setelah dicat, akan diserahkan ke Atlas Air America pada awal tahun depan. Everett Wash, Boeing 747 terakhir meninggalkan pabrik pesawat bermesin lebar perusahaan pada 6 Desember 2022. "Ini adalah momen yang sangat surreal," kata Kim Smith, wakil presiden dan manajer umum program Boeing 747 dan 767 di pabrik perakitan. "Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun, kami tidak memiliki 747 di pabrik kami."
Menurut CNBC, penghentian produksi Boeing 747 tidak berarti bahwa pesawat itu akan sepenuhnya menghilang dari langit, karena pesawat baru masih mungkin terbang selama beberapa dekade, tetapi telah menjadi langka dalam penerbangan komersial.
Menurut laporan media, Boeing meluncurkan pesawat penumpang ganda dek bermesin empat Boeing 747 pada tahun 1970. Ini adalah pesawat penumpang sipil bermesin lebar pertama di dunia dan dapat membawa 400 orang. Dikenal sebagai "Ratu Angkasa", mendominasi operasi kargo dan penumpang internasional selama beberapa dekade. Pada tahun 2020, menurut laporan media Jerman, Boeing mengumumkan penghentian produksi pesawat bermesin lebar 747. Menurut laporan, pesawat Boeing 747 telah menjadi model yang sering digantikan oleh maskapai penerbangan karena konsumsi bahan bakar berlebih dan pesanan yang kurang.
Selain itu, Boeing mengumumkan bahwa telah mengurangi atau menghentikan produksi serangkaian model. Selain merespons dampak pandemi, perusahaan juga perlu memecahkan masalah larangan penerbangan pada model terlarisnya, 737 MAX, yang juga meningkatkan beban keuangan perusahaan.
Model Utama Boeing
Boeing 2707 adalah program pesawat penumpang supersonik pertama yang dikembangkan oleh Amerika Serikat. Dengan kontrak pemerintah di tangan, Boeing mulai bekerja pada desain pesawat di Seattle. Namun, karena peningkatan biaya dan kurangnya permintaan pasar yang jelas, seluruh rencana itu dihentikan sebelum konstruksi dua prototipe pada tahun 1971.
Boeing 247
Pada tahun 1930, Boeing mulai mengembangkan pesawat penumpang semu logam, yaitu pesawat penumpang Boeing 247 paling terkenal dalam sejarah penerbangan. Memiliki struktur seluruh logam dan penampilan streamlining, kaki pendaratan dapat ditarik, dan mengadopsi struktur monoplane yang lebih rendah. Kecepatan jelajah pesawat adalah 248 km/jam, jangkauannya adalah 776 km, dan dapat membawa 10 penumpang.
Kursi di pesawat nyaman, ada toilet, dan ada pramugari. Boeing 247 melakukan tes penerbangan pertamanya yang sukses pada tahun 1933. Kondisi tempat duduk Boeing 247 telah sangat ditingkatkan, dan kecepatannya juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan pesawat penumpang biasa. Oleh karena itu, sangat populer dengan berbagai maskapai penerbangan dan menjadi pahlawan dalam sejarah transportasi penerbangan sipil Amerika.
Boeing 307
Boeing 307 adalah pesawat penumpang yang sepenuhnya ditekan pertama di dunia yang telah digunakan. Pada saat itu, ketinggian terbangnya bisa mencapai 20.000 kaki lebih tinggi dari pesawat penumpang biasa tanpa kabin tekan (ketinggian terbang 5.000-10.000 kaki). Ia memiliki awak lima dan dapat membawa 33 penumpang, dan juga memiliki kabin tidur seluas hampir 12 kaki. Ini juga pesawat darat pertama yang termasuk teknisi penerbangan dalam kru.