Tipe-Tipe Ras Kucing
Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu hobi tersendiri bagi setiap orang yang mencintai binatang. Pada dasarnya hewan peliharaan memang makhluk hidup yang sengaja dipelihara dan dirawat manusia.
Banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa kamu rawat, misalnya saja anjing, burung, ikan, kucing, kelinci, dan banyak lainnya. Nah, salah satu binatang yang paling digemari, yaitu kucing. Kucing tergolong hewan yang penyayang, lucu serta menggemaskan.
Bicara soal kucing peliharaan, tentu ada banyak macamnya. Kucing peliharaan sendiri dipilih karena mampu bersahabat dengan orang. Karena bentuk tubuhnya yang dipenuhi bulu indah dan lebat membuat anak-anak hingga orang dewasa menyayangi hewan, serta warnanya yang unik membuat siapapun ingin memeliharanya.
Hewan ini ternyata dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres si pemiliknya dengan tingkah menggemaskannya. Dengan memelihara hewan peliharaan, kamu juga bisa belajar tentang tanggung jawab. Misalnya harus rutin dan tepat waktu memberi makan hewan peliharaan. Nah bagi kamu yang ingin mempunyai hewan peliharaan kucing, ada beberapa jenis yang bisa kamu pelihara.
1. Persia
Ras Persia menjadi salah satu jenis kucing yang tinggi peminat karena memiliki karakteristik yang lucu.
Kucing ini memiliki ciri khas rambut yang panjang, lebat, dan berwajah bulat, serta hidungnya yang pesek. Kucing Persia juga termasuk dalam jajaran kucing termahal di dunia. Seperti namanya, kucing ini merupakan kucing yang pertama kali ditemukan di Persia atau Iran. Untuk memelihara kucing ini pastinya kamu harus menyisihkan anggaran yang cukup untuk perawatannya. Kucing Persia termasuk peranakan yang membutuhkan perawatan rutin. Nggak heran kalau kucing ini kebanyakan berperilaku manja, penyayang, dan setia. Kucing Persia memiliki beberapa jenis lagi lho, di antaranya, Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia medium.
2. Anggora
Ras kucing anggora adalah kucing domestik tertua yang berasal dari Ankara, Turki.
Kucing ini banyak peminatnya karena karakteristik fisik yang sangat khas, yakni bulu lebat seputih salju dan bentuk telinga yang cukup lebar.
Selain bulunya mampu menarik perhatian, hewan ini juga aktif dan lincah untuk dijadikan teman bermain di rumah. Ciri-cirinya pun berbeda dengan kucing Persia, bulu kucing Anggora di bagian kepala tidak terlalu panjang.
3. Siam (Siamese)
Kucing Siam merupakan jenis kucing dengan ras oriental yang populer di Thailand dan paling terkenal dari semua jenis kucing pedigree. Di negara asalnya, Kucing Siam dikenal sebagai “Royal Cat of Siam”. Kucing Siam ditemukan di Ancient Siamese City of Ayhuda, sebuah kota di Buma sekitar tahun 1350-an. Muncul pertama kali di Australia tahun 1890, Kucing Siam kini menjadi salah satu jenis kucing yang paling populer sebagai hewan peliharaan.
Kucing Siam memiliki 3 jenis, yakni Kucing Siam klasik, Kucing Siam Tradisional, dan Kucing Siam Modern. Kucing Jenis ini memiliki karakteristik bentuk tubuh yang ramping, ekor panjang, mata biru, dan bulunya pendek bertitik gelap pada muka, telinga, ekor, dan kakinya.
4. Ragdoll
Kucing Ragdoll berasal dari Amerika Serikat. Dinamakan Ragdoll karena memiliki sifat yang jinak. Ketika kamu mengangkat jenis kucing peliharaan ini tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.
Untuk penampakan fisiknya kucing Ragdoll hampir mirip dengan kucing Siam dan Persia. Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang.
Untuk memelihara kucing Ragdoll, kamu harus menyediakan tempat yang cukup luas karena kucing Ragdoll senang permain dan berpetualang. Kamu juga harus sering menyisir bulunya karena memiliki bulu lebat mirip dengan kelinci.
5. Maine Coon
Maine Coon adalah salah satu ras kucing terbesar menjadikannya bisa dipelihara bersamaan dengan anjing.
Kucing ini memiliki karakteristik yang garang sekaligus anggun dengan buntut dan bulu yang panjang.
Kucing Maine Coon betina memiliki bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg. Namun ada juga yang melebihi bobot tersebut. Yang menjadi daya tarik kucing, yaitu ekornya panjang dan berbulu tebal. Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian kamu dengan banyak "mengeong" untuk meresponsnya.
6. Sphynx
Kucing Sphynx adalah salah satu jenis kucing yang unik karena hampir tidak memiliki bulu sama sekali. Di Australia, Kucing Sphynx menjadi satu-satunya jenis kucing yang dikenal tidak memiliki bulu. Namun sebenarnya Kucing Sphynx masih memiliki bulu yang sangat pendek dan hampir menyerupai kulit. Uniknya lagi Kucing Sphynx juga menjadi satu-satunya jenis kucing yang memiliki kelenjar keringat. Karena keunikannya ini lah Kucing Sphynx banyak diburu para pecinta kucing.
Kucing yang diadopsi dari nama patung di Mesir ini kulitnya terlihat keriput dan ekornya panjang yang meruncing di ujungnya. Sphynx termasuk kucing aktif, manis, dan pintar serta mudah diurus. Kucing ini juga mudah untuk dilatih.
7. Munchkin
Berbeda dengan kebanyakan jenis kucing lainnya, kucing satu ini memiliki bentuk tubuh yang mungil bahkan di usia dewasanya.
Karakteristiknya sangat kentara dengan bentuk kaki yang pendek dan mungil.
8. British Shorthair
British shorthair adalah jenis kucing peliharaan yang sangat menarik dengan karakteristik tubuhnya yang katanya sempurna dan ideal. Kucing ini memiliki bulu halus dan karakteristik sifatnya yang seimbang antara sosial serta mandiri.
9. Scottish Fold
Kucing Scottish Fold adalah jenis kucing yang terkenal karena memiliki karakteristik tubuh yang unik, yakni bentuk telinga yang terlipat. Kegemasan kucing ini juga ditambah dengan mata besar dengan wajah menyerupai burung hantu dan badannya yang bulat gembul. Kucing Scottish Fold pertama ditemukan di Skotlandia tahun 1961 oleh seorang petani. Lalu jenis kucing ini berkembang biak hingga saat ini Kucing Scottish Fold jadi hewan peliharaan favorit.
10. Balinese
Kucing Balinese memiliki karakteristik tubuh yang panjang karena berasal dari keluarga Kucing Oriental seperti keluarga Kucing Siam. Bulu kucing Balinese tumbuh panjang dan lebat di tubuhnya yang ramping. Para pecinta kucing pasti akan jatuh cinta pada bulunya yang cantik dan indah, ditambah bentuk matanya seperti almond berwarna biru menambah gemas pada kucing jenis ini.
Karakter Kucing Balinese adalah aktif, ceria, dan setia pada sang pemilik. Tampilannya yang elegan tetap membuatnya terlihat manja karena suka berpeluk-pelukan dan duduk di pangkuan pemiliknya.
Semoga bermanfaat!