Penemuan Baru
Studi baru yang dilakukan di Amerika Serikat mengaitkan penyebab kepunahan massal pertama hewan pada akhir periode Ediacaran sekitar 550 juta tahun yang lalu dengan penurunan pasokan oksigen global.
Studi ini baru-baru ini dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.
Sekitar 80 persen hewan punah selama periode ini, dengan hewan-hewan yang bergantung pada jumlah oksigen besar tampaknya terkena dampak yang parah, menurut penelitian yang dipimpin oleh Scott Evans, seorang peneliti paska doktoral di Departemen Ilmu Bumi Virginia Tech. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa kepunahan tersebut dikendalikan oleh lingkungan, seperti halnya semua peristiwa kepunahan massal lainnya dalam catatan geologis.
Perubahan lingkungan, seperti pemanasan global dan peristiwa deoksigenasi, dapat menyebabkan kepunahan massal hewan dan gangguan yang parah serta reorganisasi ekosistem, kata para peneliti. Hal ini telah terbukti berkali-kali dalam studi sejarah Bumi. Oleh karena itu, studi ini memberikan wawasan tentang dampak jangka panjang perubahan lingkungan saat ini terhadap biosfer.
Apa yang sebenarnya menyebabkan penurunan oksigen global?
Para peneliti berpikir bahwa itu bisa menjadi kombinasi dari letusan vulkanik, tektonik lempeng, benturan asteroid, dan lainnya. Namun, apa yang dilihat oleh penelitian adalah bahwa hewan-hewan yang punah tampaknya merespon terhadap penurunan pasokan oksigen global.
Dalam penelitian lainnya, para ilmuwan Virginia Tech menemukan bahwa kurangnya oksigen mempengaruhi persediaan air tawar di dunia. Alasannya adalah aliran polutan berlebihan akibat perubahan iklim dan penggunaan lahan yang akan dapat memanaskan air. Air yang lebih hangat akan mengurangi kemampuan air tawar untuk menampung oksigen, dimana yang akan dimakan oleh mikroba air tawar yang mendekomposisi nutrisi dalam aliran tersebut.
"Penelitian kami menunjukkan bahwa, seperti semua kepunahan massal lainnya dalam sejarah Bumi, kepunahan massal pertama disebabkan oleh perubahan iklim yang besar," kata Evans. "Ini hanya satu dari sejarah peringatan yang panjang yang membuktikan bahaya terhadap kehidupan hewan dari krisis iklim saat ini."
Tim peneliti menunjukkan bahwa kepunahan massal diakui sebagai langkah-langkah penting dalam lintasan evolusi kehidupan di Bumi. Apapun penyebab langsung dari kepunahan massal, hasilnya adalah perubahan besar-besaran dalam kondisi lingkungan.
Bumi memiliki sejarah 4,6 miliar tahun dan telah mengalami lima kepunahan massal.
Kepunahan massal pertama terjadi pada akhir periode Ordovician 440 juta tahun yang lalu, juga dikenal sebagai kepunahan massal Ordovician. Peristiwa kepunahan tersebut mengakibatkan kepunahan sekitar 85% spesies. Sangatlah mudah dipahami bahwa kehidupan laut berkembang pada saat ini. Anda harus tahu bahwa air merupakan sumber kehidupan. Kehidupan awal di Bumi lahir di samudra, dan organisme darat pun berevolusi dari organisme laut.
Kepunahan massal kedua terjadi pada akhir periode Devonian 365 juta tahun yang lalu, juga dikenal sebagai kepunahan massal Devonian. Selama periode ini, luas daratan mulai terus berkembang, dan sejumlah besar organisme darat mulai berevolusi dan berkembang. Terutama, vertebrata memasuki periode perkembangan yang pesat, dan reptil juga mulai muncul. Kepunahan massal ini menyebabkan kepunahan 70% spesies di Bumi.
Kepunahan massal ketiga terjadi pada akhir periode Permian 250 juta tahun yang lalu, juga dikenal sebagai kepunahan massal Permian. Ini adalah peristiwa kepunahan massal paling serius dalam sejarah. Jika Anda ingin menanyakan dari lima kepunahan massal tersebut, yang mana yang paling serius, maka haruslah yang ketiga. Menurut statistik, peristiwa kepunahan ini menyebabkan jumlah famili biologi menurun sebesar 52%, dan jumlah spesies berkurang lebih dari 90%. Dampak terbesar adalah pada kehidupan laut, dengan 96% spesies laut punah, mengakibatkan berkurang dan hilangnya organisme besar yang telah mengisi lautan selama hampir 300 juta tahun, termasuk trilobit.
Kepunahan massal keempat terjadi pada akhir periode Trias 208 juta tahun yang lalu, juga dikenal sebagai kepunahan massal Trias. Kali ini, skala kepunahan relatif kecil. Hanya 25% spesies yang terancam punah, terutama kehidupan laut. Dan kepunahan kecil ini juga menciptakan banyak kondisi menguntungkan untuk dominasi dinosaurus. Sejak saat itu, dinosaurus telah memulai perjalanan panjang mereka untuk menguasai Bumi. Para ilmuwan percaya bahwa kepunahan massal ini mungkin terkait dengan dampak asteroid pada Bumi dan letusan gunung berapi super.
Semua orang mungkin akan lebih mengenal kepunahan massal kelima, yakni adalah kepunahan massal Kretaseus yang terjadi 65 juta tahun yang lalu. Peristiwa kepunahan massal ini menyebabkan kehancuran secara keseluruhan dari keluarga dinosaurus, dan sekitar 80% spesies di Bumi menjadi punah.