Lezat dan Nikmat
Shepherd's pie, yang juga dikenal sebagai cottage pie, adalah hidangan tradisional dari Inggris.
Dikenal sebagai cottage pie pada tahun 1791.
Kentang digunakan sebagai makanan bagi orang tidak mampu, dan pondok merupakan rumah para petani hingga tahun 1854, ketika hidangan ini dikenal sebagai shepherd's pie. Menurut buku masak kuno, pai ini awalnya digunakan untuk menghabiskan sisa-sisa makanan yang terdiri dari berbagai jenis makanan yang tersisa di rumah, dan benar-benar menjadi makanan orang miskin.
Bahan utamanya adalah daging cincang yang dimasak dalam saus atau saus bawang dan kentang tumbuk. Kadang-kadang sayuran lain seperti kacang polong, jagung manis, seledri kering, atau wortel ditambahkan. Kadang-kadang juga dihidangkan dengan keju parut. Hidangan ini tidak memiliki kerak yang terbuat dari adonan seperti pai pada umumnya, tetapi merupakan pai yang terbuat dari kentang, daging, dan sayuran tanpa tepung dan disajikan sebagai hidangan utama.
Shepherd's pie memiliki aroma yang harum, dengan beberapa kentang serta jumlah daging domba dan sayuran yang akan cukup membuat Anda merasa kenyang.
Hidangan lezat dan nikmat ini, seiring berjalannya waktu telah menjadi hidangan sehari-hari yang sungguh kental dengan kebudayaan Inggris.
Bahan-Bahan:
- 450g daging cincang domba
- 7 kentang
- 1/2 bawang
- 200g campuran kacang
- 1 potongan kecil seledri, dadu
- 1 buah labu Italia, dadu
- 200g jamur, dadu
- 1 sdm bawang putih cincang
- 2 sdm mentega + 2 sdm
- 2 sdm tepung terigu
- 250g kaldu ayam
- 2 sdm saus tomat
- 80g keju parut
- Garam dan merica secukupnya
Langkah-Langkah:
1. Kupas dan cuci 7 kentang, rebus dalam panci, kemudian angkat, tumbuk menjadi pure, tambahkan 2 sendok mentega, garam, dan merica, aduk rata.
2. Tambahkan 2 sendok mentega ke penggorengan, tumis bawang dan bawang putih, lalu tambahkan daging cincang dan tumis.
3. Tambahkan semua sayuran ke bahan-bahan dan tumis.
4. Tambahkan kaldu ayam, saus tomat, dan tepung terigu, bumbui dengan garam dan merica, dan masak dengan api kecil selama 10 menit.
5. Letakkan isi hidangan ke dalam pinggan panggang kaca dan ratakan kentang tumbuk di atasnya.
6. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan hingga 700 derajat selama 15 menit, kemudian taburi dengan keju parut dan panggang lagi selama 10 menit.
Tips Lainnya:
1. Tambahkan sedikit susu dan kuning telur ke kentang tumbuk untuk membuatnya lebih padat.
2. Sayuran dapat ditambahkan sesuai selera.