Jenis Burung Macaw
Sebagai salah satu burung hias, burung macaw nyatanya masih menjadi favorit dan populer bagi banyak orang.
Burung Macaw adalah spesies burung yan berasal dari Amerika, tepatnya ialah di Amerika selatan. Di hutan Amazon, terdapat banak spesies burung ini bahkan mencapai ribuan. Suku indian pun menjadikan burung ini sebagai lambang dari suku mereka. Di zaman dahulu, beberapa suku yang ada di Amerika juga menjadian burung ini sebagai simbol. Berikut ini jenis jenis burung macaw:
Buffon’s Macaw
Jenis ini merupakan jenis Macaw langka yang berasal dari Kolombia, Nikaragua, Kosta dan Equador. Ciri khas dari burung macaw buffons ini terdapat pada jambul di kepalanya yang berwarna merah cerah sehingga akan dengan mudah dikenali.
Blue Gold Macaw
Macaw yang satu ini memiliki kecantikan yang luar biasa. Sesuai dengan nama yang dimilikinya yakni blue gold macaw, burung ini didominasoleh warna emas dan warna biru yang ada di sekujur tubuhnya. Meski bernama blue gold macaw, burung ini juga kerap disebut dengan macaw biru kuning.
Suara dari burung macaw ini sangat keras bahkan juga bisa menjerit. Ia memiliki kepribadian yang cukup ceria, ramah, cerdas, dan pintar bersosialisasi. Kalau dipelihara dengan baik dan sesuai, bisa memiliki ikatan yang erat. Tapi, sebaiknya pemula tidak memelihara burung jenis ini karena dinilai memerlukan kehlian yang khusus.
Burung Macaw jenis ini masih banyak terdapat di hutan yang memungkinkan kamu bisa memeliharana. Namun tetap, harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Hyacinth Macaw
Burung Macaw Hyancinth dianggap sebagai burung langka dan susah untuk dikembangbiakkan karena memiliki sifat yang agresif. Selain itu, jenis ini sulit sekali dijinakkan dengan ukuran tubuh serta kekuatan gigitannya yang keras.
Scarlet Macaw
Macaw yang satu ini memang banyak ditemui pada pameran maupun pertunjukkan burung. Tidak heran jika burung ini tidak asing dan bisa dibedakan lewat warna bulunya yang didominasi warna merah, biru, dan kuning. Scarlet macaw termasuk populasi yang mudah dilatih dan cerdas asalkan terbiasa untuk diajak berinteraksi sekaligus menjaganya agar tidak merasa bosan. Tingkahnya yang berisik akan menjaganya tetap aktif.
Hahn’s Macaw atau Mini Macaw
Merupakan jenis macaw yang berukuran paling kecil dan terlihat menggemaskan. Meskipun berukuran kecil, burung ini tetap ramah dan mudah dijinakkan. Memiliki kemampuan tanggap sekaligus peka terhadap pelatihnya.
Apabila mini macaw memang bisa dihadapi dengan telaten dan sabar, tidak heran jika hasilnya ikut pintar dalam berbicara. Tubuhnya penuh dengan warna hijau yang segar.
Demikian informasi tentang jenis burung macaw yang ada di dunia. Semoga bermanfaat!