Makna Warna Bunga
Sering kali kita merayakan momen dengan memberikan bunga untuk orang sebagai ungkapan rasa sayang kepada orang yang ditujukan.
Pesona bunga selalu memiliki tempat di hati penikmatnya. Dalam beragam kesempatan, bunga enggak pernah absen sebagai pelengkap kemeriahan momen-momen bahagia seseorang. Seolah-olah bunga mampu mengekspresikan apa yang ada di hati. Memang hal itu tentu saja tidak salah. Sebab, bunga memiliki simbol dan makna tertentu sehingga bisa dijadikan pembawa pesan atau kesan tertentu. Tapi pernahkan kamu mengerti apa maksud atau arti dari bunga tersebut?
Berikut arti dari simbol dan makna warna bunga:
1. Bunga warna oren
Tidak seperti bunga warna merah, bunga warna oren lebih terkesan playful dengan penampilannya. Biasanya bunga ini dijadikan hadiah untuk seseorang yang sedang berduka atau melalui masa-masa sulit hidupnya. Simbol dan makna warna bunga oren ini adalah kegembiraan, kebahagiaan, dan kehangatan.
Contoh bunga warna oren adalah bunga lili dan dahlia.
2. Bunga warna kuning
Bunga warna kuning terkesan cerah dan memberikan kesan positif ketika melihatnya. Bunga berwarna kuning melambangkan persahabatan, kesehatan, dan penghormatan. Makna dari pemberian bunga warna kuning kepada seseorang dapat diartikan sebagai upaya berdamai dan berbaikan. Selain itu bisa juga diberikan kepada temanmu sebagai tanda kamu menyemangatinya.
Contoh bunga berwarna kuning adalah bunga matahari, daffodils, dan allamanda.
3. Bunga warna Putih
Warna putih umumnya merupakan pengekspresian pada hal-hal yang bukan fisik. Bukan merupakan cinta badani yang penuh gairah, melainkan melambangkan cinta secara rohani yang suci dan meneduhkan. Karenanya mawar putih selalu disebut sebagai the flower of the light. Di Jepang warna putih melambangkan duka cita, dari sana lahir tradisi yang menjadikan mawar putih sebagai simbol "kekuatan cinta yang tidak pernah mati"
4. Bunga warna Ungu
Warna ungu melambangkan kedewasaan juga kekaguman. Bunga-bunga ungu pada pesta pernikahan memberikan kesan betapa Anda dan pasangan telah sama-sama mencapai kedewasaan dalam bersikap dan berfikir. Sementara bunga berwarna ungu juga dapat Anda berikan kepada seseorang yang mampu membuat Anda kagum atau terpikat akan sesuatu yang melekat padanya, seperti sikapnya atau kepandaiannya.
5. Bunga warna hijau
Simbol dan makna warna bunga hijau adalah harmoni, kesehatan, dan awet muda. Bunga warna hijau sering kali diartikan sebagai pertanda baik dan sesuatu yang baru. Jika membandingkan dengan hamparan rumput yang luas, warna hijau dapat memberikan kesegaran dan keharmonisan.
Contoh bunga warna hijau ini adalah bunga hydrangea, anggrek, dan spider mum.
6. Bunga warna nila
Bunga warna nila memberikan kesan pada laut yang dalam atau gelapnya langit di tengah malam. Simbol dan makna warna bunga bagi sebagian orang mencerminkan sebuah kebijaksanaan, ketulusan, keseimbangan, dan struktur. Bunga warna nila bisa dijadikan hadiah untuk teman Mama yang bekerja sangat keras. Dengan memberikan bunga ini dapat memberikan pesan untuk perlahan-lahan dan dengarkan perasaan hati mereka.
Contoh bunga ini adalah baptisia, pansies, dan aster.
7. Bunga warna Coral
Coral memiliki warna yang menawan seperti bebatuan, dengan sedikit unsur warna coklat, merah juga orange. Para pria, bunga dengan warna coral ini pantas diberikan kepada seseorang yang ingin Anda kenal lebih jauh.
8. Bunga warna merah
Warna merah pada bunga menggambarkan perasaan kasih sayang. Warna ini biasa dihubungkan dengan ekspresi perasaan kasih sayang, dan sering juga dianggap sebagai warna hati. Selain itu, warna merah juga bisa diartikan sebagai kekuatan dan keberanian.
Contoh bunga berwarna merah adalah bunga mawar, tulip, dan petunia.
Itu tadi beberapa makna di balik warna-warna bunga yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!