Liga Bola Basket
NBA (National Basketball Association) adalah liga bola basket pria di amerika paling bergengsi di dunia.
NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA). Pada saat ini, di kompetisi NBA, terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers. Tim NBA terbagi menjadi dua wilayah, wilayah barat dan wilayah timur. Dan masing – masing wilayah terdiri dari beberapa divisi.
Divisi atlantik terdiri dari tim Bostom Celtics, Brooklyn Nets, New York Knicks, Toronto Raptors, dan Plhiladelphia 76ers. Untuk divisi tengah ada Chicago Bulls, Detroit Pistons, Cleveland Cavaliers, Indiana Pacers, dan Milwaukee Bucks. Dan untuk divisi Tenggara antara lain Atlanta Hawks, Charlotte Hornets, Miami Heat, Orlando Magic, dan Washington wizard. Ada juga divisi barat laut terdiri dari tim Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, Oklahoma City Thunder, Portland Trail Blazers, dan Utah Jazz. Sedangkan untuk divisi pasifik terdiri dari tim Golden State Warriors, Los Angeles Clippers, Los Angeles Lakers, Phoenix Suns, dan Sacramento Kings, bahkan ada juga divisi barat daya yang terdiri dari tim Dallas Mavericks, Houston Rockets, Memphis Grizzlies, New Orleans Pelicans, dan San Antonio Spurs.
NBA sendiri memiliki banyak sejarah, tidak hanya sejarah saja, dalam eksistensinya, ada beberapa fakta menarik NBA yang mengherankan.
Berikut adalah beberapa fakta menarik NBA yang jarang diketahui orang banyak:
1. Pemain Terpendek dalam Sejarah NBA yang Memblokir 39 Tembakan
Muggsy Bogues, pemain terpendek dalam sejarah NBA, menentang stereotip bahwa orang bertubuh pendek tidak bisa bermain di NBA. Muggsy yang hanya memiliki tinggi 160 cm ini mampu memblokir 39 tembakan pada pemain-pemain yang lebih tinggi darinya di pertandingan NBA.
2. Serunya Perebutan Top Skor Musim 1977-1978
Perebutan pencetak skor terbanyak dalam musim tersebut baru bisa ditentukan di akhir musim NBA. Terjadi perebutan antara David Thompson dan George Gervin. Thompson yang mencetak 73 points seakan mengunci gelar top skor musim kala itu. Namun impian pemain Denver kala itu pupus kala Gervin berhasil mencetak 63 points di pertandingan terakhir dan menyalip perolehan poin David Thompson di musim itu.
3. Rekor Kemenangan Beruntun
New York Knicks menjadi satu-satunya team yang berhasil mempertahankan kemenangan 18 kali secara beruntun. Hal itu dipastikan pada saat mereka menghadapi Cincinnati Royals pada November 1969.
4. Tidak ada pemain NBA yang pernah memakai nomor 69
Tidak ada penjelasan yang detail mengenai alasan mengapa tidak ada pemain NBA yang mau memakai nomor 69 pada jersey mereka
5. Komentator Pertama
Ketika stasiun TV CBS mengambil alih NBA pada 1973, mereka belum memutuskan siapakah yang akan menjadi komentator hingga 1 minggu sebelum pertandingan.
Namun akhirnya, CBS menunjuk Pat Summerall yang kala itu merupakan komentator pertandingan football
6. Mundurnya Awal Musim
Hanya satu musim dalam sejarah NBA yang tidak dimulai sebelum perayaan tahun baru. Tepatnya pada tahun 1999, pertandingan baru bisa dimulai pada 5 Februari kala itu.
7. Cincin final NBA 2019 adalah cincin terbesar dan termahal
Cincin juara NBA final 2019 yang terbesar dan termahal itu dirancang dengan bantuan Kyle Lowry dari klub Toronto Raptors.
Demikianlah penjelasan mengenai fakta liga bola basket NBA. Semoga bermanfaat!