Fakta Scottish Fold
Kucing Scottish fold adalah salah satu kucing terimut dan lucu di dunia. Ras kucing ini dikenal memiliki tampilan yang unik.
Wajah ras kucing Scottish fold ini sering disebut mirip dengan boneka beruang atau burung hantu. Tak heran, membuat Scottish fold banyak dipelihara dan dicintai para pencinta kucing. Fakta mengenai kucing scottish fold:
1. Tiga Level Lipatan
Telinga Scottish Fold memiliki tiga level lipatan. Level ini diukur berdasarkan seberapa jauh lipatannya. Single Fold, yaitu hanya terlipat setengah saja. Double fold, yaitu sudah terlipat bengkok ke bawah, dan triple fold, sudah hampir ‘rata’ dengan kepala.
2. Pengakuan ras kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold tidak diakui oleh  FIFe (Fédération Internationale Féline) di Eropa. GCFF juga kembali menarik pengakuan ras kucing ini. Salah satu penyebabnya adalah karena telinga yang terlipat milik Scottish Fold dapat memicu infeksi, kutu atau membuatnya menjadi tuli. Namun di Amerika, kucing Scottish Fold diperbaiki genetiknya dengan dilakukan mixed dengan jenis kucing British Shorthair dan American Shorthair.
Hasilnya kini kucing Scottish Fold tidak memiliki masalah yang sempat dikhawatirkan. Hingga kini lembaga yang telah mengakui ras kucing Scottish Fold adalah TICA (The International Cat Association) dan CFA (Cat Fanciers’ Association).
3. Ramah, cerdas dan aktif
Scottish Fold merupakan kucing yang ramah, cerdas dan aktif. Kucing ini akan sangat senang jika diberikan mainan yang menguji ketangkasannya. Dia akan sangat menyayangi orang yang selalu memberinya makan dan menemaninya bermain. Selain itu kucing Scottish Fold juga akan dengan mudah berbaur dengan lingkungannya, termasuk saat ada hewan peliharaan lain di sekitarnya. Hal yang perlu diketahui adalah bahwa kucing ini jangan sampai dibiarkan kesepian karena ia akan mudah stress dan tertekan.
4. Varian Berbulu Panjang
Kucing Scottish Fold juga memiliki varian bulu panjang. Varian ini sering disebut sebagai Highland Fold. Bulunya merupakan hasil mix dengan kucing jenis longhair lain. Tapi selain bulunya, mereka tetap mirip dengan aslinya.
5. Mengawinkan Harus Selektif
Pada saat ingin mengawinkan Scottish Fold, sebaiknya tidak dipasangkan dengan sesama Scottish Fold juga. Jadi lebih baik dikawinkan dengan jenis yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh genetik tulang dan telinganya. Anakan dari sesama Scottish Fold, nantinya bisa menghasilkan isu kesehatan yang mengancam nyawa si kucing.
6. Relatif Lebih Kalem
Biasanya, kucing Scottish Fold cenderung bersikap tenang. Mereka memiliki suara yang lembut, serta relatif jarang mengeong dan ‘ngobrol’, tapi mereka tetap bisa bawel ketika lapar.
Nah, itulah fakta menarik tentang Scottish Fold si kucing telinga bengkok. Semoga bermanfaat!