Mengebal Burung Pipit
Burung pipit banyak digemari lantaran keindahan bulunya yang berwarna-warni serta kicaunya yang merdu.
Burung Pipit merupakan nama sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang tersebar di daerah tropis. Ia memiliki panjang tubuh sekitar 8,3 cm hingga 17 cm dengan bobot antara 6 gram – 25 gram. Tergantung dari spesiesnya.
Makanan dari burung Pipit adalah biji-bijian, serangga kecil dan buah-buahan,oleh karena itu tidak heran burung Pipiit banyak ditemukan di daerah persawahan dan perkebunan. Maka burung ini tergolong sebgai hama bagi perkebunan sawah dan buah, hal ini disebakan sering memakan padi yang hendak dipanen atau merusak buah sehingga buah mengalami pembusukan.
Dalam kategorinya pada burung ini tidak digolongkan sebagai burung hias sebab ia tak mempunyai suara yang merdu dan tidakbanyak dikonsumsi oleh manusia, tentu saja sebab daging burung ini tidak seberapa. Di berbagai belahan dunia ada sekitar 40 jenis dari burung Pipit yang terhitung.
Di Amerika, Eropa, dan Australia, orang justru lebih tertarik memelihara atau menangkar burung finch ketimbang burung kicauan. Selain mudah dalam perawatannya, penampilannya yang cantik dan penuh warna cukup menggoda untuk disilangkan demi mendapatkan anakan dengan warna-warna unik yang menarik.
Demikianlah informasi mengenai burung pipit. Semoga bermanfaat!