Manfaat Jeruk Limau
Jeruk limau bisa digunakan untuk pemberi rasa pada makanan dan juga dibuat minuman yang menyegarkan.
Buah berwarna hijau dan memiliki rasa asam ini juga sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Tak hanya nikmat, jeruk limau juga memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Manfaat tersebut berasal dari beragam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, dan serat.
Buah satu ini paling umum digunakan dalam masakan Meksiko, Vietnam, dan Thailand. Jeruk limau memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah. Satu jeruk limau berdiameter sekitar 5 cm sudah memenuhi 32% kebutuhan vitamin C per hari Anda.
Di bawah ini berbagai manfaat jeruk limau yang perlu Anda ketahui:
1. Meningkatkan imunitas tubuh
Manfaat jeruk limau selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Keduanya zat tersebut diketahui dapat mendukung fungsi sel imun, sehingga tubuh lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Selain meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga berperan penting dalam penyerapan zat besi, pembentukan kolagen, penyembuhan luka, dan perbaikan berbagai jaringan tubuh.
2. Membantu menurunkan berat badan
Nah, salah satu manfaat jeruk limau yang paling dicari yakni membantu menurunkan berat badan. Kandungan asam sitratnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak. Namun, jangan berharap limau dapat berperan seperti obat ajaib yang secara langsung menurunkan berat badan. Pasalnya, manfaat jeruk limau satu ini tak akan berarti jika tidak diimbangi dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan. Aktif bergerak setiap hari dan mengontrol porsi makan dengan konsisten merupakan dua hal penting untuk mengontrol serta menurunkan berat badan.
3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Kandungan ini magnesium dan kalium dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah dan melancarkannya. Dengan begitu, jantung pun akan lebih lancar memompa darah ke seluruh tubuh. Vitamin C yang ada dalam jeruk limau juga bisa mencegah risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi jeruk limau pun, penyakit jantung dan stroke bisa dicegah. Namun, kamu tetap perlu menerapkan pola hidup sehat untuk semakin menurunkan risikonya.
4. Mencegah kanker
Kanker terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh termasuk payudara dan ginjal. Rutin minum air limau dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu Anda melawan penyakit ini. Kandungan antioksidan dalam jeruk limau juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan sel kanker.
5. Mengontrol tekanan darah
Kandungan kalium pada jeruk limau diketahui dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah dengan cara membuang kadar natrium atau garam berlebih dari dalam tubuh melalui urine. Selain bisa mengurangi kadar garam, kalium juga dibutuhkan untuk melemaskan dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun dan lebih stabil. Inilah alasan mengapa penderita tekanan darah tinggi perlu untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalium.
6. Melancarkan pencernaan
Kandungan flavonoid dalam limau juga membantu meningkatkan produksi enzim yang diperlukan untuk mengurai makanan dalam tubuh. Tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Sifat asam yang dimiliki limau juga meningkatkan sekresi air liur untuk memecah makanan agar dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Manfaat ini tentu baik untuk orang-orang yang sering mengalami penyakit konstipasi (sembelit). Namun, jangan selalu gunakan limau guna terus menguras perut dan memperlancar pencernaan Anda. Bisa-bisa, Anda malah jadi mulas berlebihan. Selain itu, jika Anda memiliki penyakit GERD, meminum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 2 sendok teh perasan limau dan madu 30 menit sebelum makan dapat membantu mencegah kekambuhan gejalanya.
7. Mencerahkan kulit
Kandungan vitamin C dalam jeruk limau juga mampu mengatasi masalah kulit. Mengonsumsi jeruk limau ini dalam mengurangi kerutan wajah dan mencerahkan kulit dari dalam. Selain itu, nutrisi yang dibawanya dapat mempercepat produksi kolagen yang dapat menyehatkan kulit.
Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jeruk limau. Semoga bermanfaat!