Ciri-Ciri Bunga Teratai
Teratai merupakan sebutan untuk tanaman air dari suku nymphaeaceae. Tanaman ini biasa tumbuh di permukaan air yang tenang
Teratai merupakan tanaman air yang sangat suka dengan matahari. Dengan intensitas cahaya matahari yang cukup, teratai bisa bertahan hidup dan tumbuh subur. Untuk merawat dan membudidayakan teratai, kita juga harus mengetahui dulu karakteristik dan ciri-cirinya agar teratai yang kita tanam bisa tumbuh sehat dan berbunga cantik.
Bunga teratai tumbuh di permukaan air yang tenang. Daun bunga ini bundar atau oval dan tidak mengandung lapisan lilin. Sehingga bunga teratai tidak terjatuh di dalam air. Bunga teratai sudah ada sejak zaman mesir kuno. Dalam bahasa Inggris teratai disebut Water Lily, karena tumbuh dipermukaan air yang tenang. Sementara dalam bahasa Sansekerta disebut bunga Padma.
Teratai biasanya digunakan sebagai penghias taman di kolam. Tanaman ini mampu berkembang biak cepat dan memiliki warna bunga yang cantik. Ternyata, bunga tertai juga memiliki berbagai manfaat. Biji bunga bisa dijadikan tepung untuk membuat kue. Sementara teratai sendiri bisa dimanfaatkan sebagai obat karena kandungannya yang baik untuk tubuh.
Ciri dari tumbuhan teratai adalah memiliki daun lebar. Daun ini berfungsi untuk membuat tanaman tetap mengapung di permukaan air. Selain itu, pada permukaan daun terdapat stomata yang berfungsi untuk memudahkan penguapan. Daun teratai memiliki permukaan yang kasar dan ada tonjolan mikroskopis yang dilapisi kristal lilin. Lapisan kristal lilin ini lah yang membuat daun teratai tidak pernah basah. Ketika daun teratai terpercik air maka yang terjadi adalah air akan terlihat seperti manik-manik yang berguling. Ketika air berguling seperti manik-manik debu dan kotoran yang ada di permukaan daun akan tersapu oleh air tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa teratai memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri.
Bagian permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin. Hal ini berfungsi supaya daun dan bunga tidak jatuh ke permukaan air. Bagian bunga dan daun yang keluar tangkai berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur, sungai, kolam, atau rawa. Bunga teratai tumbuh memanjang dan memiliki rongga udara dibagian batang. Rongga udara ini berfungsi membawa oksigen ke akar. Teratai dapat beradaptasi dengan air. Kelebihan bunga teratai di atas air untuk menjaga kelembapan dan mendapat oksigen.
Tumbuhan teratai memiliki akar yang pendek dan berserat yang tertanam di dasar. Akar teratai berfungsi untuk merekatkan tumbuhan teratai ke dasar air sehingga tidak mudah terbawa arus ataupun tercabut tangan manusia. Akar teratai tidaklah panjang maupun besar karena tidak perlu banyak menyerap air karena teratai sendiri telah tergenang air sepanjang waktu. Adapun akar yang berserat memungkinkan akar tersebut untuk mengapung di air dan menyerap cahaya dengan mudah.
Demikian informasi mengenai ciri ciri bunga Teratai. Semoga bermanfaat!