Destinasi Wiisata Santorini
Yunani merupakan salah satu negara yang sering dijadikan tempat wisata luar negeri pilihan sebagian orang.
Keindahan abadi Wisata Santorini Yunani berhasil menarik ribuan pengunjung setiap tahun. Sehingga tidak heran jika pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata teratas di dunia. Lanskap vulkaniknya yang unik, tebing terjal, kondisi alam dan pantai yang indah dikombinasikan dengan sejarah dan tradisinya yang kaya membuat Santorini menjadi tujuan utama wisata Yunani. Santorini menjadi berbentuk bulan setengah ketika terjadi letusan gunung berapi yang pada 1.650 SM. Adapun penyebutan resmi Santorini itu bernama Thira. Pada zaman dahulu, faktanya, sebuah mitos menceritakan bahwa Santorini muncul dari laut dengan cara yang ajaib.
Namun, letusan gunung berapi yang bergitu besar membuat setengah pulau menghilang, permukiman Minoa Akrotiri tertutup abu. Dampak letusan mencapai pantai utara Kreta dan menghancurkan kota-kota Minoa di sana, termasuk Istana Knossos yang begitu terkenal.
Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Santorini, Yunani:
1. Pantai Kamari
Tebing menjulang tinggi menjadi tempat yang ideal menyaksikan gradasi warna lautan biru. Pantai disediakan fasilitas kursi malas, toilet, payung dan tempat duduk untuk memesan makanan atau minuman.
2. Teluk Amoudi
Berada di kaki kota Oia, suasananya damai dan indah. Ada fasilitas area kolam untuk berendam. Jadi bawa baju renang dan handuk. Tempat ini menjadi lokasi favorit menyaksikan sunset bagi turis.
3. Desa Wisata Pygros
Desa Wisata dengan Bangunan Bersejarah yang Memanjakan Mata. Desa wisata satu ini menyajikan hamparan suasana alami dengan sejuntai sejarah setempat yang asik ditelusuri. Letaknya dekat dengan pusat kota Santorini (8 km dari Fira). Kamu akan disuguhkan ribuan peninggalan yang berisikan reruntuhan benteng pertahanan kuno yang telah runtuh pada masa lalu. Cahaya dari lilin-lilin romantis bertebaran di sekitar lingkungan desa ketika Aladiners datang pas Perayaan Trihari Auci (malam Jumat Agung/ minggu sebelum Paskah). Selain itu, yang menarik adalah banyaknya jalan-jalan sempit berliku-liku, tembok berbenteng, dan lorong-lorong tersembunyinya.
4. Oia
Belum ke Santorini Namanya kalau belum mengunjungi kota kecil di ujung utara Pulau Santorini ini. Destinasi wisata romantis dulunya akrab disapa Apano Meria. Sama halnya seperti Fira, kamu bisa dengan nyaman menikmati berbagai bangunan unik khas Cyclades berwarna putih. Bagi kamu yang merupakan pasangan rumah tangga yang sedang berburu lokasi honeymoon, maka Oia sering dijadikan lokasi berbulan madu. Untuk mendapatkan keindahan sesungguhnya di desa Oia, direkomendasikan datang pada bulan April dan Mei. Pada musim tidak terlalu ramai ini, udaranya sejuk dan kemungkinan besar bisa menyaksikan damainya matahari terbenam (sunset) Oia yang memukau.
Kemudian, tercepat beberapa lokasi yang selalu diburu oleh wisatawan di Oia ini. Seperti, The Blue Dom yang merupakan gereja berkubah biru berteman lonceng. Kemudian, Oia-sunset, namun terkadang lokasi titik memandang sunset ini sangat ramai dikunjungi dengan turis, tetapi perjuangan sampai kesana akan terbayar mahal dengan keindahan gradasi jingga yang mempesona. Decak kagum terpancar dari setiap orang yang menyaksikannya Sang Surya meninggalkan permukaan. Selanjutnya, ada pemandangan kaldera bertabur lampu-lampu malam.
5. Pyrgos
pyrgos merupakan salah satu desa yang bisa menjadi pilihan tempat wisata di Santorini Yunani yang letaknya berada di pusat kota Santorini yang juga dekat dengan Fira sekitar 8 km. Tempat yang menarik disini adalah adalah sisa benteng pertahanan yang dahulu runtuh akibat gempa.
6. Firostefani
Firostefani merupakan salah satu desa kecil yang berada diantara Fira dan juga Imerovigli, yang jua sering dikunjungi para wisatawan. Disana juga terdapat bangunan-bangunan berarsitektur khas tradisional cyclades berwarna putih dan dipadukan dengan warna-warna menarik lainnya.
Tempat romantis lainnya yang ada di eropa adalah tempat wisata di perancis, yang bisa Anda kunjungi bersama pasangan atau orang-orang terkasih sekitar Anda.
7. Akrotiri
Akrotiri merupakan tempat wisata sejarah yang berada di ujung selatan pulau Santorini. Sehingga, Santorini ini juga tidak hanya menawarkan pemandanannya yang menarik melainkan juga wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Disana terdapat reruntuhan sisa-sisa peradaban Bangsa Minoa, yang diperkirakan telah ada sejak 5000 sebelum masehi.
Pada tahun 1627 sebelum masehi terjadi letusan gunung berapi Thera yang mengakibatkan kota ini seluruhnya sertutup abu vulkanik. Sisa-sisa reruntuhan yang ditemukan oleh F. Fouque, ahli geologi Jerman yang kini menjadi tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjugi. Selain berwisata menikmati keindahannya, disini Anda juga bisa menambah pengetahuan Anda seputar sejarah sehingga sangatlah bermanfaat.
Nah itu dia beberapa tempat wisata di Santorini yang bisa kamu kunjungi Ketika liburan. Semoga bermanfaat!