Ciri Kucing Maine Coon
Maine Coon adalah kucing peliharaan bertubuh besar dan berbulu panjang. Kucing ini termasuk ras tertua dari Maine, Amerika Serikat.
Kucing maine coon merupakan salah satu jenis kucing persia yang disebut sebagai spesies terbesar di dunia. Tidak heran jika kucing maine coon sering dijuluki sebagai kucing raksasa atau giant cat. Berikut ini ciri-ciri kucing maine coon:
1. Bentuk Kepala Tegas Dan Terkesan Garang
Jika kamu melihat sekilas, bagian kepala dan wajah pada kucing Maine Coon memiliki profil yang tegas sekaligus garang. Hal ini ditandai dengan bentuk wajah yang lebar sedang, dengan bagian moncong berbentuk persegi yang sedikit lebih panjang dan lebar pada bagian hidung. Tulang pipi pada wajah kucing Maine Coon pun tinggi dan menonjol, dengan bentuk bagian mata membulat dan terbuka lebar.
2. Bulu
Karakteristik kucing maine coon selanjutnya adalah bulunya yang panjang dan lebat. Pada musim dingin, kucing ini bisa memiliki bulu hingga mencapai 7 cm. Selain lebat dan panjang, bulu kucing maine coon juga memiliki tekstur halus dan tidak dapat ditembus air. Dibandingkan dengan jenis kucing lain, bulu maine coon memiliki warna dan motif yang beragam. Tidak heran jika banyak pecinta kucing yang berminat dengan jenis kucing maine coon ini.
3. Telinga Tajam Dan Meruncing
Lalu bagian telinga pada kucing Maine Coon juga memiliki kesan tajam dan meruncing. Ukurannya juga cukup lebar di bagian pangkal dengan daun telinga yang menghadap ke depan. Kesan tajam dan runcing pada telinga kucing Maine Coon juga ditambah dengan adanya beberapa helai bulu yang berada pada bagian ujungnya.
4. Bulu Tahan Air Dengan Pola Warna Unik
Selain ukurannya yang besar, bulu pada bagian tubuh kucing Maine Coon punya karakteristik tebal, rapat, dan mengkilat menyesuaikan dengan iklim dari daerah asalnya. Bahkan saking rapatnya, bulu kucing ini pun bersifat tahan air yang bahkan membuat Maine Coon bisa diajak berenang
5. Tubuh Yang Besar Dan Proporsional
Kucing Maine Coon memiliki postur tubuh yang berotot dan berdada lebar. Ukuran dari kucing Maine Coon punya cenderung sedang hingga besar.
Bahkan kucing ini menjadi jenis kucing ras paling besar di dunia karena mempunyai tubuh yang tidak biasa. Kucing Maine Coon jantan dewasa umumnya memiliki bobot di atas 5,5 kg. Sementara betina dewasa, sedikit lebih kecil berkisar antara 4-5 kg.
6. Mata besar Mata kucing ini memiliki ukuran mata besar dan lebar. Umumnya jenis kucing ini memiliki warna mata kuning dan hijau. Sedangkan kucing putih bisa memiliki warna mata biru dan odd eyes (dua warna mata berbeda).
7. Bentuk tubuh
Kucing ini memiliki ukuran tubuh panjang, tinggi, dan proporsional. Bagian leher Maine Coon jantan memiliki bulu lebih lebat dari betina. Kucing jantan memiliki surai panjang seperti singa
Nah itu dia beberapa ciri-ciri kucing maine coon. Semoga bermanfaat!