Manfaat Yoghurt
Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya.
Yogurt selama ini dikenal dengan manfaatnya sebagai sumber probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Yogurt dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri, terutama dari jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Campuran ini lalu dibiarkan dalam suhu 43 – 46 derajat celsius selama beberapa jam.
Susu mengandung sejenis gula yang disebut laktosa. Bakteri memecah laktosa, lalu mengubahnya menjadi asam laktat. Zat ini membuat susu mengental dan memberikan rasa asam yang menjadi ciri khas yogurt. Ada beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh, di antaranya:
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan probiotik di dalam yoghurt memiliki efek antiperadangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus. Yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D juga terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.
Tinggi protein Yoghurt menyediakan jumlah protein yang terbilang besar, dengan sekitar 12 gram protein untuk setiap 7 ons 200 gramnya. Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan energi yang dikeluarkan untuk aktivitas tubuh. Manfaat yoghurt yakni sebagai sumber kalori yang bebas lemak. Mendapatkan cukup protein juga penting untuk pengaturan nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Manfaat yoghurt dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk pengendalian berat badan, sehingga sangat cocok untuk menu dalam program diet.
2. Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt sebanyak 2 – 3 porsi per hari (atau lebih) mengalami penurunan tekanan darah. Penurunan tersebut bahkan mencapai 50% dibandingkan mereka yang tidak makan yogurt sama sekali.
Manfaat yogurt ini datang dari kandungan kalium yang dapat mengeluarkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang meningkatkan tekanan darah, yang banyak ditemukan dalam makanan tinggi garam.
3. Menjaga kesehatan jantung
Walaupun kandungan lemaknya tinggi, yogurt ternyata dapat meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein). Menurut beberapa penelitian, inilah mengapa konsumsi yogurt bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.
Kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Menurut para ahli, manfaat ini terutama akan lebih besar pada orang yang telah didiagnosis menderita penyakit tekanan darah tinggi.
4. Menguatkan sistem imun
Manfaat minum yoghurt secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi kemungkinan tubuh tertular penyakit. Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, manfaat yoghurt untuk kesehatan juga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan flu. Selain itu, sifat peningkat kekebalan dari manfaat yoghurt sebagian karena kandungan magnesium, selenium dan sengnya, yang merupakan mineral yang dikenal karena perannya dalam kesehatan sistem kekebalan. Yoghurt yang diperkaya vitamin D dapat meningkatkan kesehatan kekebalan lebih jauh.
5. Program diet
Manfaat yoghurt untuk kesehatan berikutnya yakni sebagai penurun berat badan. Kandungan protein tinggi plus kalsium bisa meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan seperti peptida. Lebih lanjut, beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat minum yoghurt dikaitkan dengan penurunan berat badan, persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang.
6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Beberapa jenis yogurt juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.
Semua zat gizi tersebut diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis. Selain itu, makan yogurt tidak akan mengikis lapisan email gigi. Asam laktat di dalamnya justru berfungsi melindungi gusi Anda dari infeksi.
Kaya nutrisi Yoghurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat yoghurt dikenal mengandung banyak kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Manfaat yoghurt juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi dari penyakit jantung dan cacat lahir pada bayi. Kandungan nutrisi lain dalam yoghurt seperti fosfor, kalium, dan magnesium. Mineral-mineral ini penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.
itu dia manfaat yoghurt bagi kesehatan yang memang tidak perlu diragukan lagi. Semoga bermanfaat!