Manfaat Wisata Ke Pantai
Pantai merupakan salah satu destinasi wisata favorit banyak orang. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di pantai.
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa liburan ke pantai diyakini ampuh untuk mengurangi depresi, meningkatkan kreativitas, dan mengembalikan kesehatan mental. Tidak akan ada yang bisa menolak pesona pantai dengan aroma air laut segar dan gemeresik daun kelapa yang bertiup. Pantai menjadi destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri di mata orang-orang. Pantai kerap dikenal sebagai salah satu ciptaan Tuhan paling indah yang menjadi pembatas antara darat dan laut.
Pantai dengan pasir putihnya memiliki keindahan yang luar biasa. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan laut lepas yang tak berujung didampingi hamparan pasir putih berwarna kontras dengan air laut. Berikut adalah manfaat kesehatan liburan dan menghabiskan waktu berkualitas di pantai:
1. Menurunkan Tekanan Darah
Selain menurunkan stres dan depresi, berlibur ke pantai dinilai efektif untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah sendiri berkaitan erat dengan menurunnya tingkat stres dan ketegangan.
Tekanan darah yang stabil akan memberikan efek positif pada kesehatan pembuluh darah dan jantung. Saat mengalami stres berlebih, tubuh cenderung rentan terhadap tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan komplikasi akibat permasalahan yang terjadi pada kesehatan organ kardiovaskular.
2. Pantai membuat tubuh bugar
Kegiatan di pantai biasanya melibatkan berbagai aktivitas fisik. Banyaknya kegiatan yang menggunakan aktivitas fisik akan melatih bagi setiap otot tubuh. Oleh karena itu tak salah kalau disebut pantai akan memberikan kebugaran bagi tubuh, tergantung jenis kegiatan yang dilakukannya.
3. Menenangkan dan menyegarkan
Pemandangan air biru di sepanjang pantai berpasir membuat kita merasa bersatu dengan dunia. Alam memiliki efek yang kuat. Hangatnya sinar matahari di kulit dan suara lautan yang lembut menyapu pantai membuat rileks dan tenang.
4. Perawatan spa alami
Garam dan magnesium dalam air asin membantu melembapkan kulit dan menyembuhkan banyak penyakit kulit yang kronis, sementara garam dan pasir adalah eksfoliator yang baik.
5. Mendapat Vitamin D
Saat berlibur di pantai sejak matahari terbit, Grameds akan membawa asupan vitamin D yang cukup untuk tubuh. Bagi Grameds yang belum tahu, sinar matahari menjadi salah satu sumber vitamin D terbesar. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D yang banyak dari sinar matahari ketika bejemur di pantai. Asupan vitamin D yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, berlibur ke pantai dapat mendatangkan manfaat dengan menghirup udara segar yang menyediakan senyawa baik untuk memperlancar proses pembuangan racun atau detoksifikasi.
6. Membantu Menyeimbangkan Hormon
Kamu dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh melalui udara segar yang ada di kawasan pantai. Udara segar yang didapatkan mendatangkan sejumlah manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan psikis, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat saat berada di pantai karena organ paru-paru akan terisi ion-ion negatif. Udara pantai akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan mengurangi gejala kecemasan.
7. Pasir pantai bermanfaat meluruhkan sel kulit mati dan membakar lemak
Pasir pantai adalah obat alami yang bisa meluruhkan sel-sel kulit mati di kaki. Selain itu, dilansir dari laman NBC News, kaki yang berpijak pada pasir pantai yang hangat juga bisa membuat kita rileks. Berjalan di atas pasir membuat kita lebih sehat dibanding di atas tanah keras. Kita juga bisa lebih membakar lemak tubuh dengan berlarian di atas pasir.
8. Suara ombak berdampak positif pada fungsi otak
Suara ombak pantai membawa sensasi damai dan tenang. Dilansir dari laman All Better Care, suara ombak meningkatkan fungsi otak, sehingga membuat kita bisa meredakan emosi. Dikutip dari laman University of Exeter berjudul Evidence shows ocean sound may help reduce stress and create a sense of calm (2018), otak kita bereaksi positif pada suara percikan air. Sehingga suara ombak punya kemampuan meningkatkan fungsi otak saat kita merasa rapuh.
9. Birunya air dan langit di pantai mengurangi stres
Sebuah riset oleh Michigan State University berjudul Ocean views linked to better mental health (2016) mengungkap bahwa tinggal dekat pemandangan laut menurunkan stres. Hasil riset tersebut menemukan fakta bahwa ada kaitan antara kesehatan dengan warna biru air dan langit. Dilansir dari laman Lifegate, warna biru akan membuat orang lebih kalem dan rileks. Pantai adalah tempat yang tepat untuk orang-orang yang mencari ketenangan dan kedamaian.
Itulah manfaat kesehatan mental dan fisik yang bisa kamu dapat dengan liburan ke pantai. Semoga bermanfaat!