Fakta Planet Mars
Mars adalah planet keempat dari Matahari. Selain itu, Mars juga merupakan planet terkecil kedua di tata surya kita setelah Merkurius.
Meskipun memiliki ukuran terkecil kedua setelah Merkurius, tidak sulit untuk melihat Mars. Karena, ia tampak seperti bintang merah terang apabila dilihat dari Bumi. Sebab itu, Mars sering disebut sebagai Planet Merah. Luas permukaan Mars hampir sama dengan Bumi, yaitu seluas 55.742.1065 mil persegi. Fobos dan Deimos merupakan dua satelit yang mengelilingi Mars.
Berikut ini fakta menarik mengenai planet mars:
1. Mars punya gunung tertinggi di Tata Surya
Disebut Olympus Mons, gunung ini tingginya 21 km dan diameter 600 km, paling menjulang di Tata Surya. Jenis gunung berapi ini terbentuk miliaran tahun lalu. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Olympus Mons masih merupakan gunung berapi aktif.
2. Tidak hanya di Bumi, Mars juga memiliki angin dan air.
Meski beriklim kering, tetapi Mars memiliki kutub, lapisan es beku, dan uap air pada udaranya. Hal tersebut telah terbukti pada tahun 2018 bahwa ilmuan telah menemukan adanya danau di bawah lapisan es di kutub selatan Planet Mars.
Selain itu, angin di Planet Merah itu dapat berhembus hingga 60 mil per jam hingga dapat memicu badai debu besar. Badai debu tersebut bisa terjadi saat Mars berada di dekat matahari karena kecepatan anginnya bisa mencapai 125 mil per jam saat badai terjadi. Badai akan berhenti apabila Mars menjauh dari matahari setelah berbulan-bulan
3. Jika satu tahun di Bumi selama 365 hari, lain halnya jika manusia berada di Mars.
Dalam sekali mengorbit Matahari, Mars membutuhkan waktu selama 687 hari atau sama dengan dua tahun di Bumi. Hal tersebut dikarenakan orbit Mars berbentuk lebih lonjong dari orbit Bumi, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Perlu diketahui juga, satu hari di Bumi berlangsung selama 24 jam, tetapi di Mars satu hari itu berlangsung selama 24 jam 39 menit 35 detik.
4. Sama seperti Bumi, Mars memiliki empat musim.
Tapi tidak seperti planet kita, musim di Mars tidak memiliki panjang yang sama. Di belahan bumi utara Mars, musim semi berlangsung selama 7 bulan, musim panas selama 6 bulan, musim gugur selama 5,3 bulan, dan musim dingin selama 4 bulan. Selain itu, Mars juga mengalami dua musim lainnya, yang disebut perihelion dan aphelion. Perihelion adalah musim di mana Mars paling dekat dengan Matahari, sementara aphelion adalah bila dalam posisi terjauh.
5. Karakteristik mars
Salah satu karakteristik yang sangat menarik dari Mars adalah bahwa ia memiliki dua wajah: belahan utara dan selatan yang sangat berbeda satu sama lain. Mars adalah seperti dua planet digabungkan menjadi satu. Belahan utara Mars adalah halus dan rata sementara belahan selatan sangat kasar, yang terdiri dari banyak pegunungan dan kawah.
6. Mars dinilai ramah untuk ditinggali
Di luar Bumi, Mars disebut planet paling ramah untuk kehidupan di tata surya. Karena itu, ada banyak misi luar angkasa ke Mars yang direncanakan selama beberapa dekade mendatang. Misi-misi ini akan membantu kita memahami lebih lanjut tentang Mars, dan khususnya apakah planet ini dapat menampung kehidupan di luar Bumi atau menjadi planet yang layak untuk koloni Bumi di masa depan.
7. Daratan Mars bisa membuat manusia melompat 3 kali lebih tinggi
Meskipun daratan Mars dan Bumi sangat mirip, tetapi Mars memiliki volume sekitar 15% dan massa 10% dari Bumi. Hal itu disebabkan karena Mars tidak tertutupi air, sedangkan 70% dari Bumi tertutupi oleh air. Tidak hanya itu, gravitasi di Planet Merah hanya sebanyak 38% saja dari gravitasi di Bumi yang mencapai 62%. Artinya, manusia dapat berjalan, bahkan melompat tiga kali lebih tinggi dari di Bumi,
Nah itu dia beberapa fakta menarik mengenai planet mars. Semoga bermanfaat!