Jenis Pasta yang Unik
Pasta dan pizza adalah 2 hidangan yang sangat identik dan terkenal dari negara Italia. Tidak hanya rasanya yang enak, namun, cara pembuatannya pun cukup teknikal.
Seperti yang kita ketahui, pasta terbuat dari adonan tepung gandum tanpa ragi yang dicampur oleh air dan telur. Pada biasanya, kita jumpai dalam bentuk panjang yang panjang dan kita menyebutnya dengan Spaghetti. Namun ternyata, masih ada begitu banyak pasta berbentuk panjang maupun pendek yang jarang kita jumpai.
Simak dengan seksama, inilah jenis-jenis pasta yang unik yang ada di dunia!
Angel Hair
Jenis pasta yang pertama adalah Angel Hair. Pasta ini memiliki bentuk yang panjang dan tipis, lebih tipis dari spageti. Untuk konsumsi terbaik dari pasta ini, bisa dengan saus berbasis minyak dan krim ringan. Pasta ini juga bisa disulap menjadi makanan tradisional Italia dengan tambahan saus marinara. Abon ayam atau udang scampi juga bisa menjadi tambahan protein yang bagus.
Pappardelle
Jenis pasta yang berikutnya yaitu Pappardelle. Fettuccine bukanlah satu-satunya pasta yang lebar. Pappardelle bahkan memiliki bentuk yang lebih lebar. Pasta pappardelle akan terasa lezat ketika dipadukan dengan saus berbahan dasar daging. Pasta ini paling sering diolah bersama bolognese, atau untuk hidangan pasta seafood.
Bucatini
Jenis pasta yang ketiga yaitu Bucatini. Pasta yang satu ini memiliki bentuk yang lebih bulat dan ada lubang di tengahnya. Ini membuatnya sedikit lebih tebal dari spageti. Saat dimasak dalam hidangan sup, hidangan pasta, dan casserole, saus akan menumpuk di dalamnya. Itulah yang membuat bucatini spesial.
Tagliatelle
Jika dilihat, tagliatelle dan fettuccine seperti bentuk pasta yang sama. Kedua jenis pasta ini terlihat seperti spageti pipih dan memiliki lebar yang sama, namun tagliatelle sebenarnya sedikit lebih tebal saat digigit. Kamu bisa menyajikannya bersama dengan saus daging yang kental, saus krim, atau saus tomat.
Vermicelli
Vermicelli, atau kita mengenalnya dengan nama bihun, adalah bentuk pasta yang sangat tipis. Vermicelli Italia dibuat dengan semolina dan vermicelli Asia dengan mie beras. Kamu bisa mencampurkan pasta ini dengan sedikit minyak zaitun dan tomat kalengan untuk hidangan ringan seperti spageti, atau menggunakannya dalam tumisan dan sup.
Campanelle
Pasta Campanelle adalah salah satu bentuk pasta yang jarang terdengar. Pasta ini digulung dalam bentuk kerucut dan memiliki tepi yang acak-acakan, seperti bunga kecil berbentuk lonceng. Bagian tengah yang berlubang dan bisa digunakan untuk menumpuk saus kental dengan baik.
Cavatelli
Cavatelli ini diklaim sebagai salah satu jenis pasta tertua yang terbuat dari adonan tanpa menggunakan telur. Lalu, adonan tersebut digulung menjadi bentuk cangkang kecil sampai menyerupai roti sosis sapi kecil.
Farfalle
Nama Farfalle ini berasal dari Bahasa Italia yakni farfalle yang artinya kupu-kupu. Pasta yang cantik ini biasanya berbentuk seperti kupu-kupu. Oleh karena itu, jenis pasta ini seringkali disebut dengan kupu-kupu pasta. Farfalle bisa disajikan dengan semua jenis saus, namun yang paling cocok yaitu dengan saus krim dan juga saus tomat.
Rotini
Rotini adalah pasta berbentuk spiral, namun lebih rapat daripada milik fusilli. Tapi seperti fusilli, ia akan menangkap semua jenis saus dengan baik. Dari yang kental dan berdaging hingga berbahan dasar minyak hingga lembut.
Rigatoni
Rigatoni terlihat seperti saudara pasta dari penne. Bentuknya juga silinder dengan tonjolan di teksturnya, namun sedikit lebih padat dan tidak sempit. Seperti penne, bagian tengahnya berlubang lebar sehingga dapat menjebak saus. Setiap gigitan dari pasta ini akan terasa cheesy, creamy, dan beraroma.
Ditalini
Ditalini juga menjadi salah satu bentuk pasta yang terkecil. Pasta jenis ini biasanya digunakan dalam sup minestrone, dan menjadi bahan pokok untuk pasta Fagioli.
Casarecce
Bayangkan pasta berbentuk tabung, tetapi sedikit terbuka dengan tepi yang digulung. Casarecce adalah pasta yang digulung dan dipilin longgar. Bagian tengahnya juga akan menangkap saus dengan baik.
Nah, itulah beberapa jenis pasta yang unik dan jarang kita dengar. Semoga bermanfaat!