Campuran Jus yang Sehat
Dengan banyaknya informasi mengenai kesehatan, orang-orang semakin peduli dengan makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Salah satu minuman yang sekarang menjadi pilihan sehat orang-orang adalah jus.
Minuman ini manis dan lezat tapi orang tidak akan merasa bersalah ketika meminumnya. Banyak orang yang suka dengan ritual minum jus pasca makan karena baik untuk kesehatan.
Ada banyak buah-buahan serta sayuran yang bisa dijadikan jus yang lezat. Campuran buah dan sayur ini telah disetujui oleh ahli gizi yang mungkin tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kombinasi buah-buahan dan sayuran ini tak hanya lezat tapi juga meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Sebelum mulai membuat campuran buah-buahan serta sayuran, baca dulu panduan cara mengkombinasikan jus yang baik dan sehat.
Kunci utama untuk menciptakan keseimbangan rasa saat mencampur jus adalah untuk memahami dan menggunakan buah yang akan saling melengkapi karena karakteristik buah-buahan atau sayur-sayuran yang berlawanan. Contohnya, buah-buahan yang terlalu asam akan pas dengan buah-buahan yang sangat manis, seperti delima dan stroberi.
Belimbing dan Stroberi
Belimbing merupakan buah yang menduduki peringkat atas dalam hal nutrisi tapi rendah dalam daftar pilihan buah-buahan untuk jus karena memiliki rasa yang asam. Namun, buah yang memiliki rasa asam ini jumlah kalorinya rendah, merupakan yang terendah per porsi dalam dunia buah, dan berisi setengah asupan vitamin C harianmu per 100ml.
Buah ini mengandung vitamin B kompleks, sebagian besar mineral seperti kalium, yang meniadakan efek dari asupan natrium tinggi. Pasangkan belimbing dengan stroberi manis. Buah ini akan membantu mengimbangi rasa pahit pada belimbing. Stroberi menambahkan senyawa antioksidan dan polifenol pada jus berwarna merah muda ini, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.
Mangga, ceri, dan buah naga
Mangga memiliki beta karoten dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Kamu tinggal blender 2 cup ceri, 1 buah mangga, dan 1 buah naga. Ingat, kamu harus pakai ceri yang asli ya, bukan manisan ceri!
Polyphenol dan magniferin yang terkandung di dalamnya juga sangat baik untuk dikonsumsi sesudah makan daging bakar. Jus ini berguna sebagai antioksidan dan antikarsinogen.
Ceri akan mengaktifkan PPAR (Peroxisome Proliferator Activated Receptors) di dalam tubuh yang memperlancar aliran darah dan menurunkan risiko stroke. FYI, PPAR merupakan molekul dalam kulit yang berfungsi membantu proses regenerasi kulit. Yap, peredaran darah lancar akan membuat kulit lebih sehat!
Manfaat buah naga di antaranya membantu meningkatkan sistem imun karena tinggi vitamin C serta kaya polifenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas.
Pepaya, nanas, dan lemon
Jus ini sangat bagus untuk pencernaanmu karena pepaya dan nanas mengandung enzim prteolytic. Enzim ini dapat membantu usus mencerna protein, terutama sesudah makan daging.
Campur saja setengah buah pepaya California, setengah buah nanas, dan setengah sari lemon untuk mendapatkan khasiatnya.
Kombinasi ketiga buah ini akan memberikan beta karotena, vitamin C, serya bioflavonoids. Zat-zat ini penting untuk menjaga fungsi kesehatan dan daya kerja tubuh.
Blewah, Nanas, dan Semangka
Kandungan vitamin C ketiga buah sangat tinggi, sedangkan blewah dan semangka juga merupakan sumber untuk vitamin A yang baik. Kombinasi buah-buahan ini dapat membantu kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulitmu akan menjadi sehat dan bercahaya cerah. Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yang membantu merasa kenyang dengan kalori minimal.
Jeruk, lemon, dan madu
Tiga kombinasi ini ampuh banget buat meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuhmu. Vitamin C sendiri sangat berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit.
Wortel, apel, dan seledri
Selain jeruk, kamu bisa mengombinasikan wortel, apel bersama dengan seledri. Seledri mengandung banyak vitamin A, K, dan C, folat, serat makanan, zat besi, kalsium, dan potassium.
Selain itu, yang terpenting adalah jus seledri diklaim dapat membuang racun, patogen mati seperti virus dan bakteri, neurotoksin, dan zat-zat berbahaya lainnya.
Mangga dan stroberi
Terakhir, perpaduan mangga dan stroberi akan menghasilkan jus kaya nutrisi yang berguna untuk kekebalan tubuh. Stroberi adalah buah yang kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, dan vitamin E-nya sangat kaya.
Sedangkan, nutrisi seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B-6, vitamin K, kalsium, dan zat besi pada mangga cukup tinggi. Keduanya merupakan buah yang mengandung antioksidan.