Kelebihan dari Jogging
Jogging merupakan satu di antara olahraga aerobik. Jogging merupakan kombinasi antara jalan santai dan lari dengan kecepatan di bawah 14 km/jam.
Jogging merupakan satu di antara pilihan olahraga yang mudah dan murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biasa terlalu mahal, misalnya seperti ke gym. Waktu yang paling tepat untuk melakukan jogging adalah pagi hari. Saat pagi hari, tubuh kita akan mendapatkan kualitas udara serta oksigen yang baik untuk sistem pernapasan.
Jenis olahraga ini sering dianjurkan sebagai salah satu opsi alternatif yang dapat memperbaiki kebiasaan buruk khususnya bagi yang malas berolahraga untuk memulai menjalani hidup sehat.
Simak 8 kelebihan jogging yang bisa kamu peroleh:
1. Menurunkan Berat Badan
Dengan jogging setiap hari, dapat membantumu mencegah kelebihan berat badan atau obesitas. Setengah jam kegiatan ini dapat membakar sekitar 300 kalori.
Jogging tidak hanya membakar lemak, tetapi juga membantu mempertahankan berat badan.
2. Memperkuat Sistem Imunitas
Sistem kekebalan tubuh adalah sebuah sistem yang kompleks. Sistem ini terdiri dari beberapa hal. Di antaranya seperti jaringan, sel dan organ. Ketiga hal tersebut saling bekerja sama di dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging. Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin akan membantu menguatkan kekebalan tubuh. Hal ini tentu juga harus didampingi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.
Manfaat jogging ini akan membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, manfaat jogging juga akan memperkuat respons tubuh pada penyakit yang datang. Contohnya seperti infeksi pada saluran pernapasan atas dan diabetes, yang termasuk penyakit jangka panjang.
Manfaat jogging juga akan membantu menghilangkan kelelahan. Jogging yang dilakukan secara rutin akan membangun kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jogging juga akan meningkatkan produksi sel darah putih yang ada di dalam tubuh.
3. Menurunkan Resistensi Insulin
Resistensi insulin merupakan satu di antara penanda tahap awal diabetes. Sel dalam tubuh tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengendalikan kadar gula darah.
Peneliti menemukan, jogging secara teratur menurunkan resistensi insulin pada peserta penelitian. Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh dan peradangan mungkin menjadi penyebab peningkatan resistensi insulin.
4. Baik untuk Jantung
Jogging merupakan latihan kardiovaskular. Inilah yang membuat manfaat jogging sangat baik untuk kesehatan jantung. Rutin jogging akan meningkatkan kesehatan pada jantung.
Rutin melakukan jogging di pagi hari akan mencegah masalah pada jantung. Jogging akan memastikan bahwa darah akan dipompa lebih cepat ke dalam jantung. Maka dari itu, tekanan darah akan tetap stabil dan terjaga. Tidak hanya itu, manfaat jogging sangat baik untuk kesehatan. Jogging akan mengendalikan kolesterol. Rutin jogging di pagi hari juga akan mengendalikan kadar glukosa di dalam darah.
5. Membantu Melindungi dari Efek Negatif Stres
Jogging dapat melindungi otak dari efek stres yang berbahaya. Studi menemukan, latihan aerobik seperti jogging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres.
Selain itu, saat jogging, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu meningkatkan semangat dan menciptakan perasaan positif terhadap diri sendiri. Jadi, kamu bisa merasa tenang dan segar setelah melakukan aktivitas ini.
6. Dapat Mengatasi Kesulitan untuk Tidur di Malam Hari
Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia. Setiap manusia memerlukan waktu untuk tubuhnya beristirahat. Waktu tersebut bisa didapatkan ketika tidur. Akan tetapi, terkadang tubuh tidak bisa beristirahat maksimal ketika tidur. Hal itu disebabkan karena beberapa hal. Seperti sulit untuk tidur, terus terbangun sampai tidur yang tidak nyenyak. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih jauh dari jogging. Salah satunya adalah membantu pola tidur kamu menjadi lebih baik. Manfaat jogging secara rutin akan membuat kamu tidur nyenyak di malam hari.
Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014. Studi tersebut diterbitkan di dalam Jurnal Vascular Health and Risk Management. Studi tersebut menemukan bahwa olahraga di pagi hari memiliki kontribusi pada waktu tidur.
Olahraga di pagi hari dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal ini berbeda dengan olahraga pagi sore hari atau malam hari. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di pagi hari adalah jogging.
7. Memperkuat Tulang
Jogging bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan melakukan kegiatan ini, tulang mengalami stres dan beban sehingga tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan dengan memperkuat tulang dan mencegah cedera. Ketebalan tulang akan bertambah dan mencegah masalah, seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain.
8. Memperkuat Otot
Manfaat jogging lainnya ialah membantu tubuh menjadi lebih kencang. Kegiatan ini melibatkan otot besar dan memperkuatnya. Contohnya, pada otot paha belakang, betis, bokong, dan lain-lain.