Konsep Menata Ruangan
Rumah adalah tempat paling nyaman untuk berkumpul, bertukar cerita, serta menghabiskan quality time. Tidak heran bila desain ruangan yang ada di rumah selalu diperhatikan agar terasa lebih nyaman.
Ada begitu banyak konsep yang bisa kamu implementasikan di rumahmu agar kamu serta orang-orang yang datang bertamu merasa betah dan nyaman untuk berlama-lama di ruangan tersebut.
1. Modern
Desain modern adalah istilah dalam dunia desain yang merujuk kepada rumah dengan desain bersih, pemilihan warna sederhana, penggunaan material mencakup logam, kaca, dan baja, dan biasanya disertai dengan garis-garis bersih.
Desain modern mengutamakan kesan simple di setiap elemen, termasuk furnitur. Kata “ramping” biasa digunakan untuk mendeskripsikan gaya modern ini. Karena mengutamakan kesederhanaan, biasanya penggunaan aksesori dalam desain ini minim.
2. Earth tone
Inspirasi desain ruangan selanjutnya adalah dengan nuansa earth tone. Bagi kamu yang menyukai hal bersifat alam, desain ini cocok untuk kamu terapkan pada desain ruangan di rumahmu.
Kombinasikan warna-warna alam seperti cokelat, jingga, hijau, hingga terracotta, untuk perabotan, tanaman hias serta cat dinding. Hindari menempatkan pernak-pernik terlalu banyak, agar tidak terlalu berantakan dan menjadi terlalu bergaya bohemian.
3. Hibrida
Konsep hibrida merupakan desain yang memanfaatkan banyak ruang terbuka. Artinya, tidak ada sekat dinding antara ruangan sehingga terlihat saling menyatu.
Contohnya, ruang keluarga yang langsung terhubung dengan dapur. Tidak hanya terlihat nyaman, namun, cara ini juga bisa membuat rumah terasa lebih luas.
4. Minimalis
Konsep minimalis adalah gaya desain modern yang sangat disederhanakan. Gaya desain ini menggunakan pilihan warna netral yang menimbulkan kesan lapang, perabot sederhana dan ramping, serta sedikit aksesori sangat sederhana — demi menghindari kesan berlebihan atau flamboyan.
Kesan utama yang menjadi tujuan dari penerapan gaya desain ini adalah kesederhanaan, fungsionalitas, dan keteraturan.
5. Scandinavian
Desain Skandinavia menekankan kesederhanaan hidup yang diterapkan di negara-negara Nordic. Pencahayaan alami yang luas, aksesori minim, dan pemilihan furnitur yang fungsional menjadi ciri desain Skandinavia. Desain furnitur Skandinavia sering terlihat seperti sebuah karya seni, meskipun sederhana.
Kamu pun bisa merasakan fungsionalitas di furnitur yang dipahat dengan motif garis yang menarik. Karakteristik umum lainnya termasuk penggunaan putih sebagai warna yang dominan dan penggabungan elemen-elemen alami seperti kayu, plastik, dan aluminium berenamel, baja, dan papan lantai yang lebar.
Terdapat aksen berupa warna berasal dari penggunaan karya seni, aksesori yang terbuat serat alami atau bulu, serta perabot tunggal.
6. Rustic
Konsep rustic biasanya sengaja menggunakan material unfinished dengan memanfaatkan material sisa, seperti potongan kayu atau bata yang disusun acak dan tidak beraturan. Jadinya, ruangan akan terlihat lebih abstrak, tetapi tetap estetik.
7. Kontemporer
Konsep desain kontemporer sesuai bagi kamu yang berjiwa seni dan berani berpendapat. Konsep ruang tamu bergaya kontemporer adalah yang memiliki ciri khas fleksibel dan berani mendobrak aturan desain konvensional.
Namun, sebelum mengubah ruang tamu kamu menjadi lebih unik, konsultasikan dulu atau cari tahu dulu di internet, jangan lupa untuk memakai warna maupun jenis mebel yang cocok untuk gaya ini.
8. Open Concept
Inspirasi desain ruang tamu yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah minimalis. Open concept menerapkan ruangan yang serba terbuka tanpa sekat anatara ruang tamu, ruang makan bahkan dapur.
Pencahayaan yang efektif sudah pasti didapatkan dengan konsep ruang tamu seperti ini, karena biasanya mengutamakan jendela yang lebar agar cahaya alami mudah masuk dan membuat ruangan terasa lebih luas.
Nah, itu beberapa konsep yang bisa kamu coba di rumahmu. Semoga bermanfaat ya!