Manfaat Anggur Hijau
Anggur hijau merupakan varian anggur yang tidak kalah populer dibanding jenis lainnya. Manfaat anggur hijau sangat beragam, bahkan anggur hijau menjadi alternatif buah yang sehat dan rendah kalori, tidak memiliki lemak dan banyak nutrisi.
Anggur hijau berbiji atau tanpa biji mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Antioksidan kuat di dalamnya dapat membantu mencegah sejumlah penyakit. Tidak hanya buah anggur merah dan buah anggur hitam yang sehat untuk dikonsumsi.Sebagai makanan yang sehat, berikut ini khasiat anggur hijau yang bisa Anda dapatkan:
1. Membantu menurunkan tekanan darah Manfaat buah anggur hijau adalah untuk menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Sebab, anggur hijau mengandung kalium dan serat. Semakin banyak kalium yang dikonsumsi, natrium dalam darah akan larut dan dibuang melalui urine. Natrium diketahui mampu meningkatkan tekanan darah.
2. Mengurangi Pertumbuhan Kanker
Manfaat anggur hijau yang tidak kalah penting, yaitu membantu tubuh mengurangi pertumbuhan sel kanker. Bagian kulit anggur hijau memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan. Hal tersebut akan sangat efektif dalam melawan kanker, terutama kanker payudara serta kanker usus besar.
3. Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah anggur hijau lainnya adalah agar mata tetap sehat. Sebab, anggur hijau kaya akan vitamin A serta beta-karoten.
Beta-karoten adalah provitamin A yang akan diubah ke dalam vitamin A di dalam tubuh.
Vitamin A berguna untuk menjaga fungsi kornea untuk mengatur fokus pandangan.
4.Menjaga kesehatan kulit
Manfaat buah anggur hijau terbukti membuat kulit lebih sehat karena kandungan resveratrol, vitamin C, dan vitamin E-nya.
Resveratrol adalah antioksidan yang berguna untuk mengurangi garis halus, kerutan, serta memperbaiki warna kulit akibat paparan radikal bebas.
Anggur hijau juga mengandung vitamin C yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, sementara membantu meningkatkan produksi kolagen.
Efeknya, kulit jadi tidak mudah berkerut dan timbul garis halus, lebih lembap dan kenyal, dan bisa sembuh dari luka dengan lebih cepat.
Sementara itu, kandungan vitamin E di dalam anggur membantu kulit menghasilkan minyak alami (sebum) sehingga kelembapannya tetap terjaga dari dalam.
5.Menjaga kesehatan otak
Manfaat buah anggur hijau satu ini berasal dari kandungan senyawa polifenolnya.
Penelitian dari Frontiers of Pharmatology membuktikan bahwa polifenol adalah antioksidan yang berfungsi melindungi otak dari kerusakan saraf akibat radikal bebas, terutama pada orang lanjut usia.
Selain itu, polifenol juga mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi, berbahasa, dan ingatan pada kelompok usia lanjut.
Oleh karena itu, khasiat buah anggur hijau ini dikatakan berpotensi bagus untuk orang yang telah mengalami tanda-tanda awal Alzheimer dan demensia.