Desa Kecil Warna-Warni
Manarola adalah sebuah desa yang terletak di Provinsi La Spezia yang merupakan tujuan wisata populer.
Manarola berada di desa warna-warni namanya adalah Cinque Terre. Desa ini berada di Liguaria, Barat Laut Italia. Desa warna-warni ini berdiri di atas karang di tepi Laut Mediterania. Nah, dalam bahasa Italia, Cinque Terre artinya adalah five lands (lima desa). Ada desa Monterosso, desa Vernazza, desa Corniglia, desa Manarola, dan desa Riomaggiore.
Desa-desa cantik yang berdiri di tepi karang-karang terjal di tepi Laut Mediterania ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO karena keunikannya. Desa-desa dengan jalanan sempit di-paving block dan rumah-rumah bertingkat dengan warna-warni meriah seperti kuning, merah muda, jingga, kecoklatan. Kelima desa ini dihubungkan dengan jalan setapak di tepi karang persis di tepi Laut Mediterania. Anda bisa berjalan kaki menyusuri taman nasional Cinque Terre. Bisa berjalan santai saja. Jangan lupa menggunakan sepatu karet jika memang ingin menyusur dari desa ke desa.
Setiap desa di sini memiliki keunikan sendiri. Seperti desa Monterosso yang berada paling utara. Desa ini memiliki perkebunan anggur dan zaitun. Perkebunan anggur dan zaitun di desa Monterosso menjadi data tarik wisatawan yang berkunjung ke sini. Lain lagi dengan desa Vernazza. Desa ini memiliki bangunan dengan arsitektur yang khas.
Manarola adalah desa Cinque Terre terkecil kedua yang terkenal yang sering dikunjungi turis, dengan populasi 353 orang. Desa ini adalah desa pesisir yang indah. Manarola mungkin merupakan desa tertua di Cinque Terre dengan landasan gereja San Lorenzo, yang berasal dari tahun 1338. Nama "Manarola" kemungkinan berasal dari bahasa Latin, "magna rota". Dalam dialek Manarola, kata ini berubah menjadi "magna roea", yang berarti "roda besar" (mengacu kepada roda penggilingan di desa ini).
Desa ini terkenal dengan anggurnya sejak zaman Romawi serta rumah-rumah yang dikelilingi jalur hiking berwarna-warni menakjubkan, dan banyak juga kebun-kebun anggur dan perbukitan. Industri tradisional utama Manarola adalah perikanan dan pembuatan wine. Wine lokal yang disebut Sciacchetrà merupakan wine yang terkenal; bahkan sumber Romawi kuno menulis tentang wine dari wilayah ini yang berkualitas tinggi.
Dalam beberapa tahun terakhir, Manarola dan kota-kota tetangganya telah menjadi tujuan wisata populer, terutama di bulan-bulan musim panas. Tempat-tempat wisata di wilayah ini termasuk jalur jalan kaki yang terkenal antara Manarola dan Riomaggiore (disebut Via dell’Amore , “Jalur Cinta”) dan jalur pendakian di perbukitan dan kebun anggur di atas kota.
Manarola juga termasuk sebagai salah satu dari lima desa di Cinque Terre yang identik dengan sebagian besar rumah cerah dan berwarna-warni. Manarola pun dirayakan dalam lukisan karya Antonio Discovolo (1874–1956).
Nah itu dia informasi mengenai desa manarola di barat laut italia. Semoga bermanfaat!