Tips Berselancar Bagi Pemula
Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang di pantai adalah berselancar. Olahraga air ini digemari banyak orang lantaran dianggap mampu menguji adrenalin dengan latar tempat bernuansa alam. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan setiap peselancar sebelum beraksi di atas ombak. Hal ini wajib dipatuhi agar peselancar dapat melakukan surfing dengan aman dan menyenangkan.
Berikut ini adalah tips berselancar yang perlu disimak para peselancar pemula agar dapat berselancar denga aman.
1.Berlatih Mendayung di Atas Papan Selancar
Setiap pemula dianjurkan melakukan latihan di atas pinggir pantai terlebih dahulu sebelum berselancar.Peselancar bisa memulai latihan dengan melampirkan tali ke kaki belakang dan bagian belakang papan. Setelah itu, lo dapat menerapkan sikap telungkup di atas papan. Apabila sudah mendapat posisi yang pas, peselancar dapat mulai menggunakan kedua tangan untuk mulai melakukan gerakan mendayung.
Para peselancar pemula disarankan tidak terburu-buru bermain ke laut dan lebih mengutamakan latihan di atas pasir. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menumbuhkan sikap percaya diri para peselancar saat terjun ke laut. Oleh sebab itu, latihan juga baiknya dilakukan setiap orang yang belum pernah merasakan berselancar.
Latihan pemanasan juga dapat di lakukan di dalam rumah apabila pantai dipenuhi banyak orang. Menerapkan latihan ini tentu akan membuat peselancar menjadi lebih tenang saat memulai aksi surfing di laut.
2.Belajar Mengalahkan Rasa Takut
Klise, tapi memang harus dilakukan. Olahraga surfing bukanlah olahraga sembarangan. Kamu akan sangat mengandalkan rasa berani untuk melawan ombak, hingga berhasil melakukannya. Keterampilan untuk berenang, mengatur napas, menjaga keseimbangan, semuanya juga perlu disiapkan.
Tapi untuk pondasinya, adalah mental. Rasa takut bisa dikikis ketika kamu berani mencoba. Dalam konteks belajar surfing, jangan asal mencoba ya. Kamu tetap harus dikawal oleh ahli, dan belajar mulai dari nol.
3. Persiapan Pakaian untuk Surfing
Papan selancar sudah dipilih, kini giliran pakaian yang akan dikenakan. Memang , kamu bisa saja bebas mengenakan atau tidak mengenakannya, tetapi untuk awalan akan butuh banyak penyesuaian. Apalagi untuk keselamatan, pakaian surfing akan sangat membantumu terhindar dari bahaya ketika berselancar.
Pakaian surfing punya kemiripan dengan pakaian yang digunakan oleh penyelam profesional. Pakaian ini selain untuk membuat dirimu nyaman, juga akan melindungi tubuh dari terpaan air ombak yang begitu keras dan tajam. Sehingga kulit kamu akan tetap terjaga dari kerusakan seperti timbul bercak merah.
4. Memilih Papan Selancar yang Cocok
Setelah mulai akrab dengan papan selancar, kini saatnya menentukan papan mana yang akan kamu bawa nantinya. Untuk pemula, biasanya akan belajar keseimbangan terlebih dulu. Karenanya, dibutuhkan papan selancar yang kokoh dan tidak mudah goyang ketika dihantam ombak besar.
Kamu perlu memperhatikan setiap detail papan seluncur yang akan dipakai. Mulai dari bahan yang digunakan (foam atau fiberglass), panjang, serta ketebalannya. Salah satu rekomendasi papan selancar yang cocok untuk pemula adalah softboard. Papan ini terbuat dari bahan foam sehingga cukup ringan untuk dibawa, serta bisa mengapung dan bersahabat dengan ombak.
5.Mengikuti Program Latihan Bersertifikasi
Rekomendasi kami yang paling pamungkas adalah, hanya ikuti program latihan yang bersertifikasi. Jangan sampai kamu mencoba sendiri, atau bersama teman tanpa ada pengawasan profesional. Tenang saja, untuk mencari pelatihan surfing juga tak terlalu sulit, kok. Di pantai yang sering menjadi wahana surfing biasanya sudah ada pelatih profesionalnya.
Program pelatihan ini akan sangat membantumu untuk belajar berselancar mulai dari nol. Seperti menjaga keseimbangan, bersikap tenang saat diterpa ombak, hingga berlatih tengkurap di papan selancar. Semua ini dilakukan untuk membuatmu menjadi lebih terbiasa dan punya insting untuk bisa berselancar di laut lepas.
Nah, itulah tadi beberapa tips untuk peselancar pemula yang ingin mencoba belajar surfing. Setelahnya, kamu bisa memilih tempat surfing yang ombaknya relatif tenang namun tetap bisa digunakan untuk berselancar. Atau jika memang ombak sedang surut, kamu tetap bisa menikmati pemandangan di sekitar bibir pantai sambil berjemur.
Mudah-mudahan membantu, ya. Selamat berselancar!