Gunung Api Aktif Indonesia
Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif dan "tidur", sebagian diantaranya bahkan beberapa kali erupsi dalam beberapa tahun belakangan ini. Banyak daerah di Tanah Air seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki gunung berapi aktif. Yang paling baru adalah meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur.
Meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa ini tentu membawa kerugian yang cukup banyak. Bencana erupsi gunung berapi seperti yang terjadi di Semeru memang kerap kali melanda Indonesia. Hal ini dikarenakan secara geografis Indonesia berada di wilayah cincin api pasifik atau lingkaran api pasifik. Berikut ini urutan gunung berapi yang masih aktif dengan status waspada dan siaga di Indonesia.
1. Gunung Merapi
Gunung paling aktif di Indonesia adalah Gunung Merapi. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.930 mdpl dan berada di tengah Pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Secara administrasi, Gunung Merapi berada di 4 Kabupaten, yakni lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, DIY. sisi barat masuk Kabupaten Magelang, sisi utara dan timur Kabupaten Boyolali dan sisi tenggara masuk Kabupaten Klaten.
2. Gunung Kelud
Meski Gunung Kelud hanya mempunyai ketinggian 1.731 meter dari permukaan laut, namun gunung di Provinsi Jawa Timur ini merupakan gunung berapi yang tergolong aktif.
Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Kira-kira 35 km sebelah timur pusat Kota Kediri dan 25 km sebelah utara pusat Kota Blitar.
3. Gunung Sinabung
Gunung Sinabung adalah gunung berapi aktif yang terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut.
Sama halnya dengan Gunung Merapi, Gunung ini juga dianggap paling aktif di Indonesia karena paling sering meletus, terutama sejak 2010 hingga 2019.
4. Gunung Bromo
Terkenal dengan kawasan wisata dataran tinggi, Gunung Bromo atau dalam bahasa Tengger dieja 'Brama' juga disebut Kaldera Tengger adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur.
Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.
5. Gunung Anak Krakatau
Di antara gunung lain, Gunung Anak Krakatau menjadi salah satu gunung berapi di Indonesia yang cukup banyak dikenal, baik masyarakat Indonesia bahkan hingga masyarakat mancanegara.
Hal ini karena letusan Gunung Krakatau pada 24 Agustus 1883 silam menyebabkan korban meninggal mencapai 36.417 orang dan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kegelapan.
Gunung Anak Krakatau sendiri terletak di Selat Sunda yakni di antara pulau Sumatera dan pulau Jawa serta memiliki ketinggian 110 meter dari permukaan laut.
6.Gunung Soputan
Di wilayah Timur Indonesia, tepatnya di Sulawesi, juga ada gunung berapi yang masih aktif. Gunung berapi tersebut memiliki nama Gunung Soputan. Gunung ini berada di wilayah provinsi Sulawesi Utara. Ketinggian dari Gunung Soputan adalah 1.784 meter dari permukaan laut.
7.Gunung Semeru, Indonesia
Gunung berapi yangmemiliki ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut ini bisa disebut sebagai gunung berapi yang sering sekali erupsi.
Semeru baru saja erupsi pada 4 Desember 2021 dan kembali erupsi pada 6 Desember 2021.
Banyak kerusakan terjadi di sejumlah desa dan wilayah sekitar yang menyebabkan puluhan korban jiwa dan bisa jadi akan masih bertambah.