Dataran Berupa Gunung
Salah satu dataran tinggi berupa gunung di amerika serikat yaitu Gunung moran.
Gunung Moran adalah sebuah Gunung yang terletak di negara Amerika Serikat yang memiliki ketinggian 3842 meter, atau setara dengan 12605 kaki. sebuah gunung di Taman Nasional Grand Teton di Wyoming barat , AS . Gunung ini dinamai Thomas Moran , seorang seniman lanskap perbatasan barat Amerika. Gunung Moran mendominasi bagian utara Teton Range yang menjulang setinggi 6.000 kaki (1.800 m) di atas Danau Jackson . Beberapa gletser aktif ada di gunung dengan Gletser Skillet terlihat jelas di wajah timur monolitik. Seperti Teton Tengah dalam kisaran yang sama, wajah Gunung Moran ditandai dengan intrusi basal yang khas dikenal sebagai Tanggul Hitam.
Nama Gunung Moran diambil dari Thomas Moran, seniman lanskap perbatasan yang terkenal, yang merupakan teman dan kolega Dr. Ferdinand D. Hayden, surveyor terkenal di barat pada akhir 1800-an. Pada 21 November 1950, sebuah pesawat kargo C-47 milik New Tribes Mission jatuh di Gunung Moran saat terjadi badai, menewaskan 21 orang di dalamnya. Sebuah regu penyelamat yang diorganisir oleh Paul Petzoldt menemukan puing-puing pada 25 November, tetapi lokasi kecelakaan yang ekstrim membuat tidak mungkin untuk menemukan pesawat atau mayat-mayat itu. Puing-puing itu tetap berada di gunung hari ini, tetapi Layanan Taman melarang pendakian ke lokasi.
Saat Anda tiba di Taman Nasional Grand Teton dari utara, pemandangan Gunung Moran mendominasi. Gunung Moran adalah puncak lebar di pegunungan Teton utara. Itu berdiri agak terpisah dari puncak Teton lainnya. Moran memiliki banyak rute batu/es yang indah dan jarang dikunjungi dibandingkan puncak Teton lainnya.
Gunung Moran adalah gunung yang besar dan mengesankan yang akan membuatnya menarik bagi para pendaki gunung. Namun, kesulitan komparatif dari pendekatan pendakian membuatnya menjadi pendakian yang jauh lebih tidak populer daripada Grand Teton dan puncak lainnya di selatan. Tidak ada jalan setapak ke Gunung Moran yang dipertahankan selama lebih dari dua puluh tahun, dan pendekatan apa pun melalui darat membutuhkan banyak semak menembus vegetasi, jalan buntu, dan rawa di sepanjang tepi Danau Leigh . Sebaliknya, sebagian besar pendaki memilih untuk berkano dari Danau String , melintasi Danau Leighdan kemudian memilih jalan mereka ke rute masing-masing tetapi bahkan ini mungkin memerlukan beberapa pencarian rute darat. Akibatnya, sebagian besar pendakian di Gunung Moran cenderung memakan waktu beberapa hari meskipun bagian teknis pendakiannya relatif singkat. Pendekatan ke rute paling populer di Gunung Moran melibatkan kano melintasi String dan Danau Leigh. Dari dalam Taman Nasional Grand Teton, pergi ke South Jenny Lake Junction dan ikuti rambu ke String Lake Parking Area. Berkano melintasi Danau String, berkano ke Danau Leigh, dan berkano melintasi Danau Leigh.
Demikianlah informasi mengenai gunung moran. Semoga bermanfaat!