Ekosistem Padang Rumput
Padang rumput ialah habitat darat yang didominasi rerumputan serta sedikit tumbuhan kayu atau semak.
ekosistem padang rumput adalah salah satu kelompok ekosistem daratan (terestrial) yang terbentuk secara alami, mempunyai ciri khas seperti ditumbuhi tumbuhan jenis rumput, memiliki curah hujan terbatas dan tidak merata diperkirakan 25-30 cm/tahun. Kondisi tersebut dikarenakan area padang rumput yang luas, sehingga tumbuhan susah untuk mengambil dan mengelola air sehingga tanaman pohon menjadi sulit tumbuh maupun berkembang.
Ekosistem padang rumput dapat ditemukan hampir di semua wilayah benua kecuali antartika, tapi secara geografis wilayah persebarannya banyak di wilayah beriklim tropis antara lain benua afrika, benua Amerika bagian Selatan dan benua australia bagian utara. Lalu di daerah yang beriklim subtropis di Amerika bagian utara, beberapa wilayah benua Australia Bagian Barat, dan beberapa daerah di Eropa selatan seperti siberia,dan Rusia bagian selatan. Berikut ini manfaat ekosisten padang rumput:
1. Kelangsungan Hidup di Bumi
Seperti manfaat ekosistem lainnya, kegunaan ekosistem padang rumput juga sangat penting untuk kelangsungan hidup bagi semua makhluk bumi seperti manusia. Padang rumput menjadi salah satu cara untuk mencegah pemanasan global dimana akan sangat produktif untuk menyerap karbon dioksida untuk mengurangi efek rumah kaca.
2. Menjaga Keseimbangan Air Tanah
Air tanah yang didapat dari air hujan nantinya akan disimpan pada area padang rumput yang juga menjadi sangat penting untuk menjaga keseimbangan air tanah sehingga masalah kekeringan bisa dihindari. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi tanaman dan juga beberapa jenis hewan yang hidup dalam area tersebut agar bisa bertahan hidup dan terus berkembang biak.
3. Sebagai penyerap karbon
Padang rumput penting secara global karena merupakan penyerap karbon alami, sehingga menjadi bagian penting dari proses alami yang disebut Siklus Karbon. Dalam siklus karbon, bumi mengeluarkan dan menangkap kembali serta menyimpan sejumlah besar Karbon Dioksida (CO2) dari lapisan atmosfer bumi sehingga suhu global kurang lebih seimbang.
4. Sumber senyawa organik
Padang rumput juga dapat berguna sebagai sumber senyawa anorganik, yaitu senyawa alami di alam dalam tabel periodik yang merupakan penyusun material atau benda tidak hidup. Contoh sumber senyawa anorganik misalnya air dan karbon dioksida yang mendukung dalam proses fotosintesis tumbuhan.
5. Sebagai Lahan Peternakan
Ekosistem dari padang rumput yang pertama seperti Sumba Timur adalah padang rumput yang sangat luas untuk wilayah Indonesia Bagian Timur. Ada banyak padang rumput indah yang terdapat di area ini dan umumnya digunakan sebagai lahan peternakan penduduk sekitar sehingga ada banyak hewan yang dilepas secara bebas seperti contohnya kuda liar Sumbawa, sapi dimana ada banyak manfaat daging sapi untuk tubuh manusia dan juga kerbau.
6. Mencegah Erosi
Erosi merupakan terjadinya pengikisan padat seperti tanah, sedimen, batuan dan juga beberapa jenis partikel lain yang terjadi karena air, angin dan karakteristik air hujan serta pengaruh gravitasi yang memiliki beberapa manfaat erosi. Kegunaan ekosistem padang rumput yakni akar mempunyai kegunaan dan juga daya ikat tanah yang besar sehingga masalah erosi atau tanah longsor bisa dihindari.
Itulah 6 manfaat ekosistem padang rumput. Semoga bermanfaat!