6 Manfaat Pohon
Pohon yang kita kenal adalah tanaman tahunan berkayu yang menghasilkan oksigen
Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Beberapa tahun terakhir, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka rusak.
Penebangan pohon menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Demikian pula jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih.
Berikut aneka manfaat pohon bagi manusia yang sangat banyak dan berbagai jenis makhluk hidup:
1. Mengendalikan Suhu dan Kelembaban
Keberadaan pepohonan ternyata dapat mengurangi terciptanya udara panas di perkotaan. Inilah salah satu alasan penting untuk menanam pohon, di mana pun tempat tinggal Anda. Perbedaan suhu antara daerah dengan jumlah pepohonan yang banyak atau sedikit ini terlihat mencolok, antara pedesaan dan perkotaan. Selain itu, pohon juga berguna untuk menjaga terjadinya bencana. Sebab, daerah dataran tinggi menyimpan sejumlah air yang besar dan akan mengalir menuruni bukit kemudian mengalir di sepanjang sungai. Jika tidak ada pohon, air itu akan mengalir tanpa hambatan karena tidak ada pohon yang turut menyerap air tersebut.
2. Menciptakan Potensi Lapangan Kerja
Manfaat pohon bagi manusia berikutnya adalah, menciptakan lapangan kerja di sektor kehutanan. Pohon-pohon yang ditanam, bisa dimanfaatkan menjadi barang atau dalam bentuk lain. Tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan pemeliharaan dan penanaman kembali pohon yang sudah diambil. Selain itu, hutan juga menciptakan lapangan kerja dalam wujud wisata alam. Seperti saat ini, di Indonesia sedang viral tempat wisata dengan tema alam dan tentunya menjadi spot-spot foto yang menarik.
3. Menahan Laju Air dan Erosi
Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah sebanyak 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Pohon yang ada di hutan menyimpan air yang besar dan akan mengalir menuruni bukit, kemudian mengalir di sepanjang sungai. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi sebagai erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.
4. Lingkungan Menjadi Nyaman
Lingkungan yang asri dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman, yang dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.
5. Menghasilkan Oksigen (O2)
Dari sekian banyak manfaat pohon yang terpenting adalah fungsi pohon sebagai penghasil oksigen dan air. Pohon mampu menghasilkan oksigen sebanyak 0,5 kg per hari per pohon. Makhluk hidup tidak dapat terlepas dari keberadaan oksigen dan air. Bayangkan jika tidak terdapat pohon di bumi ini, dari mana makhluk hidup mendapat oksigen dan air? Sementara itu, tidak ada industri yang mampu memproduksi oksigen dan air. Oleh karena itu, marilah bersama-sama menanam pohon untuk menyelamatkan bumi dari akibat global warming serta untuk keberlangsungan anak cucu kita.
6. Tempat Tinggal Satwa
Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, hewan juga merasakan manfaat adanya pohon. Apalagi bagi hewan yang hidup dan tinggalnya di pohon. Fungsi pohon digunakan oleh satwa sebagai tempat tinggal dan mendapatkan makanan mereka. Habitat ini mendukung berbagai kehidupan hewan untuk tetap menjaga populasinya agar tidak terjadi kepunahan.
Itulah beberapa manfaat pohon bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!