Jenis Kaktus Termahal
Berduri dan mampu bertahan di daerah gurun yang kering dengan udara panas adalah salah satu ciri khas tanaman kaktus.
Melansir dari Britannica kaktus adalah famili Cactaceae terdiri dari hampir 2.000 spesies dan 139 genera. Sebagian besar jenis kaktus berasal dari Amerika Utara dan Selatan, yaitu dari British Columbia dan Alberta ke selatan.
Sedangkan negara yang memiliki jumlah dan spesies terbesar adalah Meksiko. Meskipun beberapa spesies kaktus menghuni daerah tropis atau subtropis, sebagian besar hidup dan beradaptasi dengan baik di daerah kering. Mengoleksi berbagai jenis kaktus termahal bisa menjadi salah satu hobi pencinta tanaman hias.
Berikut ini jenis kaktus termahal:
1. Echinocereus Rigidissimus
Jenis kaktus termahal selanjutnya adalah Echinocereus rigidissimus atau disebut dengan Arizona Rainbow Cactus atau sebutan umumnya kaktus rainbow. Echinocereus rigidissimus merupakan tanaman yang soliter dan jarang bercabang seiring bertambahnya usia kaktus itu sendiri.
Keunikan kaktus ini adalah warnanya yang cantik dan indah yakni hijau tua di bagian bawahnya dan ungu di bagian atasnya. Kaktus ini juga mampu memekarkan bunga cantik berwarna putih ungu terang di tengahnya. Dengan keunikan dan keindahannya, tak heran jika kaktus ini dibanderol harga Rp2 jutaan, tergantung dari ukuran dan usia tanaman.
2. Ariocarpus Fissuratus Cactus Succulent
Kamu bisa memiliki macam kaktus Ariocarpus Fissuratus. Dengan harga kurang lebih Rp3.000.000 – Rp5.000.000 kamu bisa mengantongi tanaman unik nan indah satu ini. Tanaman dengan diameter 9-10 cm ini memiliki daun semacam beludru dengan warna hijau tua redup, di tengahnya terdapat layaknya kapas berwarna kecoklatan. Kamu bisa menempati kaktus satu ini pada pot berwarna putih aesthetic untuk memperindah hunian.
3. Kaktus Agave Leopoldii
Jenis kaktus termahal berjenis agave satu ini memiliki daun yang unik. Dominasi warna hijau dan putih membuat tanaman satu ini menarik.
Khususnya Kaktus Agave Leopoldii bisa dibanderol mulai dari Rp100.000 – Rp400.000 per tanaman. Mengapa memiliki harga yang terbilang tinggi? Kaktus satu ini jarang ditemukan dan menjadi salah satu macam kaktus yang langka.
4. Golden Barrel
Kaktus Golden Barrel alias Echinocactus grusonii merupakan tanaman kaktus yang berasal dari negara Mexico wilayah Texas.
Alasan kenapa disebut golden barrel karena bentuk kaktus ini menyerupai gentong dan berwarna emas.
Warna keemasan tersebut yang berasal dari duri-duri berwarna kuning agak kecokelatan yang membuat warnanya seperti gentong emas.
Jenis kaktus ini banyak dicintai oleh para pecinta tanaman hias dan memiliki harga yang cukup tinggi. Harga dari kaktus golden barrel ini mulai dari Rp4 juta dengan ukuran paling kecil.
5. Notocactus Magnificus
Ball cactus atau Notocactus magnificus merupakan spesies kaktus yang dapat berbunga. Kaktus yang berasal dari Brasil Selatan ini disebut ball cactus dikarenakan bentuknya yang bundar seperti bola.
Namun uniknya, jika kaktus ini sudah dewasa, akan ada bunga yang mekar berwarna putih cerah agak kekuning-kuningan di tengah-tengah bagian atas kaktus. Tentu kaktus jenis ini sangat dicari oleh para kolektor tanaman hias karena keunikan bentuknya.
Selain itu, Notocactus magnificus juga memiliki perawatan yang cukup mudah dan menjadi keunggulan kaktus jenis ini. Untuk harga, jika tanaman sudah berukuran dewasa dijual sekitar Rp4 jutaan. Namun jika masih berumur muda, harga yang dibanderol mulai dari Rp2-3 jutaan.
6. Kaktus LB Hybrid
Selanjutnya ada jenis kaktus LB hybrid. Kaktus yang dibanderol dengan harga Rp 300.000 hingga Rp600.000 ini memiliki daun berbentuk bintang. Kaktus LB hybrid memiliki warna yang beragam, seperti merah, hijau, atau campuran dari keduanya.
7. Kaktus Lophophora
Ternyata memang koleksi macam-macam kaktus itu menarik ya! Selain kecantikan dari masing-masingnya jenisnya, Peyote Cactus atau kaktus lophophora juga memiliki kandungan yang dapat mengobati penyakit, lho!
Kaktus lophophora juga menjadi salah satu kaktus dengan daun yang cukup unik dan menarik. Lihat, bentuknya yang bulat dan menyerupai tomat tersebut cocok ditempatkan dalam pot mini berwarna bukan? Harga peyote bervariasi Rp200.000 – Rp700.000.
8. Kaktus Euphorbia Abdelkuri
Kaktus Euphorbia Abdelkuri dengan warnanya yang lain daripada yang lain selalu mencuri perhatian. Kaktus yang biasanya berwarna kehijauan tidak berlaku pada abdelkuri.
Cenderung memiliki lapisan layaknya selimut, kaktus satu ini berwarna putih keabu-abuan. Dibanderol dengan harga Rp2.000.000 per daunnya, kamu dapat memiliki kaktus seperti pada gambar di atas dengan harga Rp6.000.000. 
Nah itu 8 jenis kaktus termahal. Semoga bermanfaat!