Tips Menanam Dahlia
Salah satu bunga yang dapat mempercantik tampilan rumah adalah bunga dahlia.
Bunga dahlia merupakan salah satu jenis bunga yang apabila mekar bisa memiliki mahkota yang sangat indah.
Bunga dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang memiliki warna-warni yang terang dan sangat cantik. Walau sebagian besar jenis bunga ini tidak mengeluarkan harum, warna-warnanya yang cantik, terutama warna biru, membuat bunga ini disukai banyak orang untuk ditanam di kebun rumah.
Bunga dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang berbunga di musim panas hingga musim gugur. Pasalnya, bunga ini nudah ditanam dimana saja, karena bunga ini sangat mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan apapun. Anda bisa menanam bunga dahlia di halaman rumah untuk menciptakan halaman yang indah. Tahukah Anda bahwa merawat bunga ini diperlukan ketelitian supaya bisa tumbuh dan mekar dengan sempurna. Yuk simak informasi mengenai Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Menanam Bunga Dahlia!
1. Memilih Bibit Dahlia
Anda bisa memilih bibit dahlia dalam berbagai bentuk yang berbeda. Mulai dari dahlia dalam bentuk biji, batang stek, umbi, atau bahkan bunga dahlia yang sudah mulai tumbuh. Menanam bibit langsung dari biji membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itulah Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan Anda sendiri.
2. Tentukan Lokasi Menanam yang Tepat
Lokasi menanam bunga dahlia sangat penting dipertimbangkan, sebab bunga ini membutuhkan sinar matahari 6-8 jam per hari agar tumbuh dengan optimal. Untuk menanamnya, pilih area yang paling banyak disinari matahari, terutama di pagi hari. Usahakan area tersebut juga melindungi tanaman dari angin yang besar.
3. Persiapkan Media Tanam
Jika punya lahan yang luas, kamu bisa menggemburkan lahan terlebih dahulu dan memberikan pupuk kandang. Namun bila hanya memiliki lahan yg kecil, kamu bisa menanamnya di dalam pot ataupun polybag. Kamu bisa mempersiapkan media tempat menanam, tanah humus, dan pupuk kandang.
4. Menanam Bibit
Cara menanam bunga dahlia dari bibit berupa biji, persiapkan media semai yang terdiri dari tanah, humus, dan pupuk kandang dengan porsi 1:1:1.
Tebarkan bibit merata di atas media tanam lalu tutup tipis dengan tanah. Jaga tanah agar tidak terlalu basah atau kering, usahakan tanah lembap saja. Jika menanam dahlia di musim hujan, Moms dan Dads dapat menjaga tanah agar tidak terlalu basah dengan plastik bening di atasnya. Tunggu bibit tumbuh hingga berdaun 6 helai, lalu pindahkan ke media tanam berupa sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 6:1.
Jika kamu memilih metode stek pilihlah batang dari dahlia yang sudah tumbuh di bagian tunas ketiak kira-kira 7-10 cm. Gunakan pisau yang tajam dan bersih untuk mencegah tanaman terinfeksi penyakit. Gunakan media tanam sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 6:1.vUntuk bunga dahlia yang ditanam dengan umbi, ambil umbi dari tanaman yang usianya 7 bulan dan sudah lewat masa bunga pertamanya.
Nah itulah informasi mengenai Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Menanam Bunga Dahlia. Semoga bermanfaat!