Manfaat Bermain Skateboard
Skateboard merupakan salah satu cabang olahraga yang popular mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Skateboarding adalah perpaduan dari olahraga, budaya, gaya hidup, dan juga seni. Bahkan, olahraga skateboard masuk menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Tokyo 2020. Menariknya lagi, olahraga ini termasuk salah satu yang paling populer di kalangan anak muda. Permainan skateboard sendiri lahir di awal tahun 1950an ketika para peselancar di California ingin tetap berkegiatan saat ombak di laut sedang tidak tinggi. Sejak itu popularitas skateboard terus meroket dan digemari oleh anak muda di segala penjuru dunia. Selain meningkatkan kesehatan fisik, manfaat skateboard untuk anak ternyata juga banyak bagi kesehatan mental dan perkembangannya.
Lalu, apa saja manfaat dari melakukan olahraga skateboard? Yuk simak informasinya!
1. Melatih kekuatan
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa skateboarding adalah strength training, artinya dapat mengurangi lemak tubuh. Selain itu, tentu saja seluruh gerakan dalam olahraga skateboard akan membangun kekuatan sekaligus membentuk otot.
Skateboarding juga akan melatih kekuatan otot di kaki dan bokong ketika memberikan kekuatan pada tiap teknik. Di saat yang sama, otot di perut dan tangan juga harus dilatih demi menjaga keseimbangan tubuh. Ini dapat menjaga Anda dari cedera dalam aktivitas sehari-hari.
2. Mengurangi Resiko Stres dan Depresi
Organisasi Hull Services bahkan menjadikan permainan skateboard sebagai bagian dari terapi anak yang mengalami trauma akibat konflik, depresi, kecemasan, dan perundungan. Dengan mengikuti pendekatan neurosequential model dari ChildTrauma Academy, para staf yang memberikan terapi melihat kemajuan besar pada kesehatan mental anak setelah bemain skateboard secara rutin. Menurut mereka, bermain skateboard menjadi sarana bagi anak untuk melegakan pikiran dan melepaskan ketegangan dengan cara yang aman dan sehat.
3. Meningkatkan Metabolisme
Variasi gerakan aktif dan posisi tubuh saat berlatih ternyata membawa manfaat bermain skateboard untuk anak yang tidak terduga, yaitu meningkatnya metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan menjaga keseimbangan kadar gula dan lemak dalam darah, sehingga anak terlindungi dari resiko obesitas dan diabetes. Selain itu, metabolisme juga dapat meningkatkan fungsi organ tubuh, penyerapan nutrisi, regenerasi sel dan jaringan halus, pembuangan racun, dan pengaturan panas tubuh.
4. Membakar Kalori
Tidak hanya meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan, bermain skateboard dan berlatih secara rutin akan membantu membakar lemak di seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan seluruh tubuh yang terus menerus bergerak membuat kalori di tubuh terbakar.
5. Mengasah kesabaran
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, skateboarding juga mengasah kesabaran. Sebab, olahraga ini memberikan peluang sempurna bagi seseorang untuk menghitung risiko yang mungkin terjadi. Selain itu, tentu saja perlu waktu dan konsistensi demi dapat menguasai gerakan dan teknik skateboarding.
6. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan
Bermain skateboard tidak sekadar tentang menjaga keseimbangan saat berdiri di atas papan yang bergerak. Menurut pakar fitness dan kesehatan internasional Samir Becic, bermain skateboard akan melatih koordinasi mata, kaki, lengan, dan tangan anak, sehingga akan membantunya lebih mahir dalam melakukan berbagai olahraga dan aktivitas.
7. Meningkatkan Fleksibilitas
Saat bermain skateboard, pemain harus memiliki gerakan tubuh dan kaki yang fleksibel. Oleh karena itu, selama proses berlatih skateboard sampai bisa bermain dan melakukan trik-trik, fleksibilitas tubuh juga akan meningkat.
8. Menjaga kesehatan jantung
Menariknya, skateboarding adalah olahraga yang termasuk dalam aerobik. Rata-rata detak jantung pemain skateboard akan meningkat hingga 140-160 kali per menitnya. Bahkan, bisa lebih tinggi lagi tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan.
9. Menjaga kadar gula darah
Bagi yang ingin menjaga kadar gula darah dengan aktivitas fisik, skateboarding bisa jadi pilihan. Sebab, olahraga termasuk skateboarding direkomendasikan untuk mengendalikan sekaligus mencegah terserang diabetes. Olahraga skateboard penting karena termasuk strength training. Selain itu, latihan aerobik ini juga membantu tubuh menggunakan dan mengelola insulin dengan baik. Tak hanya menurunkan kadar gula darah, kolesterol pun juga bisa membaik.
Itulah beberapa manfaat dari permainan Skateboard untuk tubuh dan kesehatan. Semoga bermanfaat!