Manfaat Buah Nanas
Nanas adalah jenis buah dari famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr.
Mengutip dari Everyday Health (everdydayhealth.com), buah nanas kaya akan vitamin C, serat, vitamin B, mangan, dan jenis vitamin serta mineral yang lain. Cara mendapat manfaat nanas pun tak sulit. Anda bisa mengonsumsinya langsung, mengolahnya jadi salad atau jus, dan lain sebagainya.
Selain rasanya yang enak, nanas juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Nanas juga baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan karena buah ini rendah kalori dan bebas lemak. Berikut ini manfaat dari buah nanas:
1. Meredakan peradangan
Manfaat nanas untuk meredakan peradangan adalah efek dari enzim bromelain yang terkandung di dalamnya. Merujuk pada penelitian Rajendra Pavan, dkk. dalam “Biotechnology Research International”, enzim bromelain dalam buah nanas memiliki efek anti-inflamasi. Ketika dikonsumsi, enzim bromelain dalam buah nanas menyebabkan tubuh memproduksi zat yang melawan rasa sakit dan pembengkakan (peradangan). Bromelain juga dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh agar melepaskan senyawa untuk melawan peradangan.
2. Meningkatkan Sistem Imun
Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, cobalah untuk mengonsumsi nanas secara teratur. Alasannya karena jenis buah itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Melansir Everyday Health, makan 140 g nanas bisa mencegah infeksi penyakit.
3. Mencegah Kanker
Mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker termasuk khasiat nanas yang perlu Anda ketahui. Manfaat nanas untuk kesehatan datang dari banyaknya antioksidan yang terdapat di dalamnya. Namun, tentu saja Anda harus membicarakan hal tersebut dengan dokter untuk menghindari hal yang tak diinginkan.
4. Mengurangi diare
Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Biotechnology Research International” menemukan bahwa bromelain dalam buah nanas dapat membantu mengurangi diare.
Studi menunjukkan, bromelain melawan beberapa patogen usus, seperti Vibrio cholera dan Escherichia coli yang menyebabkan diare. Bromelain tampaknya menunjukkan efek tersebut dengan berinteraksi dengan jalur pensinyalan sekretori usus.
5. Membantu menurunkan berat badan
Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan pada April 2018 dalam jurnal “Food Science and Biotechnology” menemukan bahwa jus buah nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Studi lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil itu. Meskipun tidak memiliki efek signifikan pada metabolisme, buah nanas rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral penting.
6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Bromelain yang secara alami ditemukan dalam jus buah nanas dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian dalam “Biotechnology Research International” menunjukkan, bromelain dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi sehingga baik untuk jantung. Bromelain juga dapat mencegah pembentukan bekuan darah dan meminimalkan keparahan angina pektoris dan serangan iskemik transien, yakni dua kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penyakit jantung.
7. Meningkatkan Kesehatan tulang
Selain mengandung banyak mangan, buah nanas mengandung banyak kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang. Artinya, penyakit osteoporosis dapat Anda hindari. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi nanas terlalu banyak karena bisa memicu gangguan kognitif.
8. Mengandung antioksidan penangkal penyakit
Buah nanas mengandung antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik, menurut penelitian Xin-Hua Lu, dkk. dalam jurnal “Molecules”. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh untuk melawan stres oksidatif.
Stres oksidatif adalah kondisi tubuh yang mengandung terlalu banyak radikal bebas. Akibatnya, terjadi kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya.
Itulah 8 manfaat dari buah nanas jika di konsumsi. Semoga bermanfaat!