9 Ombak Terbesar
Deburan ombak menjadi pemandangan yang dinantikan oleh wisatawan saat berlibur di pantai.
Pantai memiliki banyak pesona alam seperti pasir pantai yang eksotis, deburan ombak serta pemandangan matahari terbenam yang memanjakan mata, yang dapat dinikmati oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua. Ombak sendiri adalah gelombang air yang terjadi akibat gesekan antara angin dan air di atas permukaan laut. Namun, dalam kejadian tertentu seperti kejadian gempa di bawah laut yang menyebabkan pergeseran tanah di Bumi bisa membentuk ombak atau gelombang besar yang sering disebut 'Tsunami'.
Berikut ini adalah beberapa ombak terbesar yang tersebar di seluruh dunia:
1. Praia do Norte - Nazaré, Portugal
Nazare sebenarnya merupakan tempat memancing yang berada di Portugal. Namun, dari sini dapat terlihat ombak besarm kemudian dijadikan tempat untuk berselancar. Kekuatan Nazare sangat besar dan berat, bahkan beberapa menyebutnya “The Surfboard Breaking Machine” atau mesin penghancur papan selancar. Ombak ini hampir mengambil nyawa peselancar profesional Maya Gabeira dan peselancar veteran Ross Clarke-Jones.
2. Pantai Plengkung, Banyuwangi
Salah satu ombak terbesar lainnya berada di Indonesia. Pantai Plengkung tercatat memiliki ketinggian ombak mencapai 6 sampai 8 meter. Pantai Plengkung sendiri terletak di Teluk Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.
Pantai ini menjadi salah satu pantai dengan ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Wisatawan sendiri menyebut pantai ini dengan sebutan G-Land. Pantai ini kerap dijadikan tempat kejuaraan surfing tingkat dunia ini memang menarik untuk di kunjungi.
3. Teahupoo, Tahiti
Teahuppo adalah salah satu pantai yang memiliki ombak yang cukup besar. Pada keadaan normal pantai yang berada di selatan Tahiti ini bisa mencapai ketinggian 2-3 meter. Sementara gelombang terbesar tercatat mencapai ketinggian 7 meter.
Selain memiliki gelombang besar pantai yang menjadi bagian dari gugusan Polenesia ini cukup berbahaya karena memiliki terumbu karang yang tajam.
4. Cyclops - Espérance, Australia Barat
Lokasinya terletak di pantai lepas Esperance, Australia Barat. Untuk menuju Cyclops, hanya bisa diakses dengan perahu. Perubahan kedalaman yang ekstrim akan membawa ke arah karang yang tajam. Nama cyclops berasal dari barel oval yang membentuk ombak tebal menyentuh karang.
5. Mullaghmore, Teluk Donegal, Irlandia
Mengutip dari Surfer Today, Mullaghmore merupakan salah satu lokasi selancar terkenal di Eropa yang langsung menghadap ke Samudera Atlantik Utara. Gelombang besar terjadi pada Oktober dan Maret. Ketika ombak di Mullaghmore bertambah besar, maka kondisi cuaca di perairan tersebut juga bertambah ekstrem disertai angin, hujan, dan badai.
Salah satu momen paling dahsyat di Mullaghmore terjadi pada Januari 2014, ketika ombak besar bernama Black Swell mengamuk melintasi Samudera Atlantik. Lalu, pada Oktober 2020 Badai Epsilon menciptakan ombak setinggi 60 kaki atau sekitar 18 meter.
6. Ghost Tree - Pescadero Point, California
Berlokasi di lepas pantai Pebble Beach di California Utara, Ghost Tree merupakan ombak terberat di California. Di sini juga dipenuhi banyak ikan hiu daripada tempat lainnya di dunia. Hal yang meyakinkan bahwa ini merupakan gelombang berbahaya di California adalah adanya batu-batu besar yang berada di sekitar pantai.
7. Dungeon, Afrika Selatan
Dungeon berada di dekat lokasi pantai Cape Town, Afrika selatan. Pantai yang terkenal ganas ini memiliki tiga hal yang mungkin membuat para peselancar harus berhati-hati. Pantai yang terkenal dengan gelombang besarnya ini, memiliki suhu dingin yang menjadi habitat menyenangkan untuk ikan hiu. Sering dibandingkan dengan pantai Maveriks. Dungeon menjadi tempat kesukaan para peselancar. Ombak yang tidak dapat diprediksi menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar. Ketinggian ombak sendiri tercatat mencapai 12 meter. Bulan Mei sampai Oktober adalah waktu yang tepat bagi peselancar untuk mendapat ombak besar.
8. Samudera Atlantik, Inggris
Salah satu pantai yang tercatat memiliki ombak terbesar berasal dari samudera Atlantik, di wilayah Inggris yang berdekatan dengan wilayah Mullaghmore. Pantai yang berada di pantai Inggris ini bisa mencapai ketinggian 19,5 meter.
Dan menjadi salah satu ombak terbesar yang tercatat di wilayah tersebut mengalahkan rekor yang pernah dicatat di pantai Mullaghmore yang hanya memiliki ketinggian 18 meter. Lokasi ini memang biasa dijadikan ajang kontes surfing ombak terbesar di dunia.
9. Pantai Waimea, Hawaii
Hawaii mungkin menjadi salah satu pantai yang wajib dimasukkan ke dalam pantai favorit bagi para peselancar dunia. Hawaii yang eksotis memang terkenal dengan beberapa pantainya yang sering dijadikan ajang kejuaraan selancar dunia.
Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, pantai Hawaii juga terkenal dengan ombak ganasnya yang dahsyat. Pantai yang memiliki ketinggian ombak mencapai 7 meter terkenal ganas karena kerap kali menelan banyak korban.
Nah itu dia pantai dengan ombak terbesar di dunia. Semoga bermanfaat!