Tips Bagi Petenis Pemula
Tenis merupakan olahraga yang menggunakan raket untuk memukul bola guna melewati net. Biasanya olahraga ini dimainkan di lapangan tanah liat, rumput, beton ataupun indoor yang dilakukan secara individu atau ganda. Di Indonesia meskipun tidak setenar badminton atau sepak bola, tenis lapangan ternyata cukup banyak penggemarnya, walaupun di dominasi oleh masyarakat urban atau perkotaan. Olahraga ini sangatlah seru apabila kalian berencana untuk mencobanya.
Jika tidak mengerti cara bermainnya maka tidak perlu khawatir, berikut ini adalah lima tips bermain tenis untuk pemula atau yang baru pertama kali mencoba, apa saja? Simak sampai selesai ya!
1.Praktek / Latihan
Tips bermain Tenis untuk pemula adalah praktek. Anda pasti mengenal Rafael Nadal atupun Novac Djokovic, dua pemain Tennis terbaik dunia tersebut sudah menghabiskan waktu bermain mulai usia dini. Dari pertama mengenal di usia dini, mereka langsung mencoba untuk rutin berlatih dengan dibantu pelatih-pelatih handal.
Anda bisa mencontoh dua Legenda Tennis tersebut, meskipun pemula dan tanpa memiliki pelatih, Anda bisa melihat beberapa tayangan ulang bermain Tennis dari Atlet top atau bisa mengajak teman yang sudah bisa bermain. Buat pola latihan yang menarik, agar tidak bosan. Untuk waktu Latihan bisa di jadwalkan untuk seminggu dua atau tiga kali.
2.Pemanasan dan Pendinginan
Pemanasan dan pendinginan adalah wajib hukumya apabila kita harus bermain Tenis, sangat berbahaya apabila tidak melakukan pemanasan dan pendinginan. Ketika bermain, lutut, paha, kaki, akan terkena gerakan lebih banyak. Jadi, sangat diperlukan pemanasan yang cukup. Olahraga kecil seperti jogging juga bisa meringankan otot kaki. Jangan lupa ketika selesai, harus meluangkan untuk pendinginan dengan melemaskan otot-otot. Meskipun Tenis olahraga yang menggunakan tangan, nyatanya masih banyak pemula yang cedera di kaki bukan tangan karena tidak pemanasan.
3.Mengetahui Peraturan Dasar Bermain Tenis
Bagi teman-teman yang masih pemula, sebelum bermain tenis lebih baik mengetahui peraturan dasarnya. Berikut ini beberapa peraturan dasarnya, yaitu.
- Bola tenis akan diganti jika sudah 6 kali permainan.
- Kita akan kehilangan poin jika menyentuh net, tidak bisa memukul bola kembali ke daerah lawan, dan tidak bisa memukul bola.
- Agar dapat menang, kita harus mencetak 4 poin. Jika kedua pemain mendapatkan angka 40-40 maka disebut Deuce.
Untuk menentukan yang menang berarti salah satu pemain harus menambah dua poin lagi.
- Poin diberikan dalam angka 15, 30, dan 40. Artinya, 15 itu 1 poin, 30 itu 2 poin, dan 40 itu 3 poin.
4.Menggunakan Pakaian dan Perlengkapan yang Sesuai
Di sarankan sebaiknya menggunakan pakaian olahraga yang ringan, menyerap keringat dengan cepat, dan nyaman dipakai.
Gunakanlah atasan yang berlengan pendek dan celana pendek, agar kita tidak kesulitan bergerak.
Gunakan juga, sepatu tenis yang nyaman dan dapat melindungi pergelangan kaki. Terakhir, siapkanlah raket tenis yang ringan dan nyaman digenggam.
5.Bermain di Lapangan Tenis
Lebih baik ketika bermain tenis, di sarankan melakukannya di lapangan tenis.
Hal ini untuk menghindari kecelakaan, jika bola tenis sampai terlempar keluar dan mengenai orang atau jendela rumah.
Biasanya, ada klub tenis terdekat di sekitar tempat tinggal. Jadi, kita bisa menemukan teman bermain atau latihan sendiri, agar lebih mahir bermain tenis.
Itulah tips bermain Tenis untuk pemula dari berbagai sumber berpengalaman. Silahkan di coba tips-tips di atas untuk petenis pemula.Ketekunan dan konsistensi menjadi kunci utama untuk mempelajari olahraga ini.Semangat!