Pelabuhan Tersibuk
Pelabuhan merupakan infrasruktur yang sangat berperan penting dalam perdagangan internasional.
Pelabuhan merupakan gateway atau pintu gerbang guna memasuki suatu negara. Kapal yang nantinya berlabuh akan mengantar barang maupun muatan lainnya ke tujuan. Selain itu, pelabuhan juga penting sebagai penghubung antara daratan dan lautan.
Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal meliputi:
- dermaga, tempat di mana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang.
- crane, untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang.
- gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal atau yang akan di pindah ke kapal.
Dalam kegiatan logistik, keberadaan pelabuhan sangat penting. Bahkan banyak yang menyebut pelabuhan sebagai link. Maksudnya, pelabuhan didefinisikan sebagai mata rantai proses sampainya barang hingga ke tangan konsumen dengan baik. Jadi, lewat pelabuhan barang akan diantarkan oleh produsen menggunakan kapal hingga sampai ke tujuan atau ke tangan konsumen. Tidak jarang pula pelabuhan disebut sebagai kawasan industri karena lalu lintasnya yang selalu ramai. Berikut ini pelabuhan tersibuk di dunia:
1. Pelabuhan Singapura
Pelabuhan ini menjadi yang terbesar dan tersibuk di Asia Tenggara. Faktanya, pelabuhan ini juga pernah menjadi pelabuhan nomor satu tersibuk di dunia sebelum saat ini posisinya diambil oleh Pelabuhan Shanghai. Seolah tidak memperdulikan luas wilayah yang terbatas, pelabuhan yang dibangun sejak 1819 ini senantiasa terus ramai disinggahi. Setidaknya sebanyak lebih dari 32.240 TEU pernah dikelola di tahun yang sama ketika Pelabuhan Shanghai mencapai rekor terbesarnya.
2. Pelabuhan Busan
Pelabuhan ini menjadi pelabuhan tertua di Korea Selatan dan sekaligus menjadi pelabuhan paling sibuk di negara tersebut. Pelabuhan ini sudah dibangun sejak tahun 1407 dan terus dikembangkan dengan baik pada tahun 2004 di bawah naungan BPA. Pada tahun 2013, Pelabuhan Busan berhasil mengolah muatan sebanyak 17.690 TEU. Tentu jumlah tersebut terbilang sangat banyak untuk Korea Selatan. Tahukah Anda bahwa pelabuhan ini menjadi pelabuhan pusat perhubungan 100 negara di dunia.
3. Pelabuhan Guangzhou
Tiongkok memang banyak memiliki pelabuhan sibuk, khususnya dalam menangani perdagangan internasional. Salah satunya adalah Pelabuhan Guangzhou. Setidaknya pada tahun 2013, pelabuhan ini bisa menangani bongkar muatan kontainer sekitar 15.309 TEU. Pelabuhan paling sibuk sekaligus paling besar di daratan Tiongkok bagian selatan ini sudah terhubung dengan 300 pelabuhan di dunia. Bahkan pelabuhan ini juga sudah dikunjungi oleh lebih dari 100 negara di dunia.
4. Pelabuhan Shanghai
Pelabuhan yang terletak di Shanghai ini sudah sejak tahun 2010 menggeser posisi pelabuhan paling sibuk di dunia yang ditempati oleh Pelabuhan Singapura. Pelabuhan ini juga dikenal sebagai pelabuhan kontainer tersibuk karena mampu menangani sekitar 29.069 TEU (TEU = kapasitas kargo) pada waktu itu. Kemudian, pada beberapa tahun berikutnya Pelabuhan Shanghai berhasil menangani sekitar 33.617 TEU.
Demikian informasi mengenai pelabuhan tersibuk di dunia. Semoga bermanfaat!