Keindahan Antelope Canyon
Keindahan alam memang terkadang membuat kita takjub, seakan tidak percaya ada tempat seindah itu di belahan dunia yang luas ini.
Ngarai Antelope atau Antelope Canyon adalah sebuah ngarai terkenal yang berada di Page, Coconino County, Arizona, Amerika Serikat. Daerah ngarai ini masuk ke dalam kompleks Navajo Indian Reservation, daerah penampungan terbesar untuk suku Indian Diné dari Amerika Utara, yang juga disebut Navaho atau Navajo.
Antelope Canyon terbentuk oleh erosi Batuan Pasir Navajo, terutama akibat banjir bandang dan kemudian karena proses sub-aerial. Air hujan, khususnya selama musim muson, mengalir ke cekungan memanjang di atas bagian ngarai celah, yang bertambah cepat dan memperbanyak pasir ketika tergerus ke jalur laluan sempit itu. Banjir terakhir terjadi pada tanggal 30 Oktober 2006 yang berlangsung selama 36 jam, dan menyebabkan Otoritas Taman Suku menutup Ngarai Antelope Bawah selama beberapa bulan.
Antelope Canyon terbentuk dari hasil erosi angin dan air, dan memberikan pengunjung pelajaran sains yang menarik tentang bagaimana alam selalu mengubah permukaan daratan. Antelope Canyon paling terkenal karena tujuan fotografinya dimana pengunjung dapat menangkap sihir alam saat cahaya matahari menyinari batu pasir yang memantul di sekitar dinding tebing dan memberikan pertunjukan silau cahaya yang fenomenal. Suku Navajo membuka ngarai untuk kegiatan wisata pada tahun 1997, dan landmark ini telah menarik perhatian pecinta alam sejak saat itu. Antelope Canyon terdiri dari dua ngarai slot, Upper Antelope Canyon, yang dikenal sebagai “The Crack,” dan Lower Slot Canyon , Yang dikenal sebagai “The Corkscrew.”
Selain karena keindahan yang begitu menakjubkan serta luas dan panjangnya ngarai, lokasinya pun memang paling mudah dan ideal untuk diakses para wisatawan. Antelope Canyon terdiri dari dua bagian, yakni bagian atas ngarai yang disebut Bighanilini Tse oleh bangsa Navajo yang memiliki arti “tempat di mana air mengalir melalui batuan”, sedangkan bagian bawah ngarai yang dinamakan Hasdeztwazi yang berarti “lengkungan batu spiral”. Keduanya berisi celah-celah tersembunyi yang terukir indah dari batuan pasir yang berbentuk M.
Bighanilini Tse merupakan bagian yang paling banyak disambangi wisatawan, karena pintu masuk dan seluruh panjang ngarainya berada di permukaan tanah sehingga wisatawan tak perlu mendaki. Selain itu, di spot inilah sorot cahaya matahari lebih sering menerobos ngarai yang menjadikan di dalamnya tercipta suasana yang manis, perpaduan warna merah dan oranye yang memanjakan mata.
Dinding-dinding bertikal Antelope Canyon ini mampu mengubah warna dari pantulan sinar matahari. Hal ini ternyata adalah campuran paparan sinar matahari dan bayangan ngarai yang membuat Antelope Canyon memiliki warna yang cantik dan memanjakan mata wisatawan. Warna yang dihasilkan adalah oranye dan merah di dinding-dinding ngarai. Saat musim panas, kita bisa melihat pancaran sinar matahari menerobos masuk melewati celah-celah dan membentuk pancaran sinar matahari di tengah remang-remang lorong bebatuan pasir.
Demikianlah Informasi mengenai keindahan Antelope Canyon. Semoga bermanfaat!