Sungai Terunik Di Dunia
Sungai membentang, menjelma aliran darah bagi tiap-tiap kawasan di berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya dikenal sebab jadi sumber penghidupan bagi ekosistem alam dan masyarakat setempat, beberapa yang lain memancing minat wisatawan sebab keelokan lanskapnya. Dibawah ini adalah mengenai sungai terunik didunia:
1. Sungai Firehole
Sungai Firehole terletak di kota wyoming, sebuah kota yang juga di kenal memiliki geografis alam yang cukup unik. Maka dari itulah sebabnya tidak mengherankan kalau salah satu sungai yang paling unik di dunia juga ada di sini di Kota Wyoming. Faktor yang juga menjadikan sungai ini begitu unik yaitu Sungai Firehole mengalir melalui tiga cekungan geyser paling aktif dan terbesar di dunia.
Sungai Firehole yang menjadi bagian dari Taman Nasional Yellowstone ini mengalir sepanjang kurang lebih 22 mil dari Danau Madison menuju Sungai Gibbon di Madison Junction serta melewati hampir di seluruh sisi barat laut Wyoming.
Para traveler yang melewati atau mengunjungi sungai ini sering menyebutnya dengan julukan Sungai Beruap, sebab memang aliran sungai terlihat seperti air sedang di rebus dan mengeluarkan uap. Meskipun begitu, Sungai Firehole di bagian sisi yang bernama Caliente Springs di huni oleh species ikan trout pelangi dan pastinya membuat titik lokasi ini menjadi surga spot memancing yang cukup populer bagi wisatawan.
2. Sungai Amazon
Membentang sejauh lebih dari 6.400 kilometer menyisir pedalaman Peru, melewati Brazil dan bermuara ke Samudera Atlantik, Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia.
Sungai ini disebut juga sebagai sungai paling berbahaya di dunia, dengan biota sungainya nan mengerikan dari hiu banteng, piranha hingga ular anaconda.
3. Sungai Rio Negro
Amerika Selatan punya sungai yang sama ikoniknya dengan Amazon. Adalah Rio Negro, yang mengaliri perbatasan Kolombia dengan Venezuela. Uniknya, sungai ini berwarna gelap seperti hitam pekat. Warna ini dihasilkan oleh senyawa yang dikeluarkan vegetasi di sekitarnya. Di satu titik, aliran air Sungai Rio Negro menyatu dengan Amazon. Perpaduan warna hitam pekat dan putih jernih menhgasilkan pemandangan yang tak ada duanya.
4. Sungai Cano Cristales
Sungai yang satu ini biasa disebut oleh masyarakat lokal sebagai sungai pelangi dan sungai puspa. Keunikan sungai ini terletak pada warna-warnanya yang memikat mata dan terbentang di wilayah Serranía de la Macarena.
Sungai asal Kolombia ini akan memanjakan mata dengan warna-warna dan vegetasi akuatif yang menawan. 
5. Sungai Puerto Princesa
Sungai Puerto Princesa Subterranean atau sering di sebut Sungai Sant Paul Underground terletak di Taman Nasional Filipina. Lebih tepatnya taman ini berada kurang lebih 50 kilometer di sebelah utara kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina.
Oleh sebab, sungai ini mengalir tak lazimnya sungai pada umumnya. Sungai Puerto Princesa airnya mengalir di bawah tanah sebelum pada akhirnya muncul dan berakhir di sekitar bibir Laut Cina Selatan. Selain itu sungai unik di Filipina ini adalah aliran sungai bawah tanah paling panjang di dunia yang dapat dan boleh di lalui maupun di kunjungi wisatawan.
Hal lain yang juga menarik yaitu Sungai Puerto Princesa beserta Taman nasionalnya pernah termasuk sebagai salah satu dari 28 finalis untuk sebuah kompetisi bertajuk New Seven Wonders of Nature yang di rilis UNESCO pada tahun 1999. Sungai unik beserta Taman Nasional tersebut di anggap sebagai sebuah tempat yang berisi ekosistem lengkap mulai dari wilayah pegunungan hingga ke laut dan juga merupakan hutan yang paling penting di zona Asia.
6. Sungai Neretva
Neretva adalah 'sungai karst' yang terbesar di dunia. Sungai ini dikelilingi bukit karst alias kapur, sehingga menciptakan banyak gua dan arus tak biasa. Namun, Neretva sekaligus menjadi salah satu sungai tercantik di dunia dengan air yang hijau jernih. Sungai ini mengaliri wilayah tenggara Eropa, termasuk Kroasia dan Bosnia Herzegovina. Traveler bisa menyusuri keindahannya lewat kota-kota yang berada di bantaran Sungai Neretva.
Nah itu 6 sungai terunik di dunia. Semoga bermanfaat!