Fakta Menarik Penguin
Lucu dan memiliki cara berjalan unik, burung penguin menjadi salah satu hewan favorit banyak orang.
Penguin adalah burung laut yang tidak bisa terbang. Beberapa di antaranya dapat ditemukan di iklim hangat. Namun, sebagian besar penguin tinggal di Antartika yang dingin. Penguin memiliki lapisan lemak yang tebal dan buku-bulu berminyak yang padat, untuk melindungi dirinya dari suhu yang dingin. Ada beragam jenis penguin yang memiliki bentuk tubuh berbeda. Namun, ciri umum dan fisiknya yang terkenal, yaitu tubuh hitam dan perut putih. Berikut ini fakta unik hewan penguin:
1. Pola warna bulu mereka untuk kamuflase
Tak hanya ikonik, pola warna hitam putih pada bulu penguin memiliki kegunaan. Warna hitam atau gelap membuat mereka tampak menyatu dengan gelapnya air laut bila dilihat dari udara, sementara warna putih atau terang sesuai dengan permukaan laut yang terlihat terang dari area kedalaman.
Pola warna ini membuat mereka terhindar dari serangan predator seperti anjing laut, singa laut, paus, dan hiu. Hal ini juga memudahkan mereka menangkap mangsa seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, udang, dan lain-lain.
2. Penguin adalah karnivora
Penguin memang jenis burung karnivora, alias pemakan daging! Makanan mereka bervariasi, mulai dari ikan, krill (sejenis udang) dan cumi-cumi. Ada pula spesies penguin yang makanan utamanya adalah ikan sarden, sotong hingga gurita. Penguin makan hingga enam kilogram per harinya.
3. Suka Meluncur
Jika kamu melihat film-film animasi dengan latar Antartika dan karakter penguin, kamu pasti akan disuguhi adegan penguin sedang meluncur. 
Penguin suka meluncur menggunakan perutnya yang dibantu juga oleh kakinya. Ini dilakukan penguin untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu yang cepat. 
Namun, ketika bersama-sama dengan koloninya, penguin cenderung berjalan sambil menggoyangkan tubuhnya. Penguin memang dikenal sebagai hewan yang suka berkumpul bersama koloninya. Ketika cuaca menjadi lebih dingin, penguin akan berkumpul di satu tempat, sambil saling memberi kehangatan. 
4. Mereka juga minum air laut
Ketika haus, penguin biasanya minum air lelehan es yang membentuk kolam atau dari aliran air. namun, karena menghabiskan sekitar 75-80 persen hidupnya di lautan, penguin beradapatasi untuk minum air laut juga. Kelenjar supraorbital yang terletak di atas mata akan menghilangkan kelebihan garam di aliran darah. Kelebihan garam akan keluar melalui saluran hidung dan paruh dengan cara bersin.
5. Mereka bergerombol untuk menghangatkan diri dan mengobrol
Penguin Kaisar biasanya saling bergerombol untuk menghangatkan diri di suhu minus derajat Celcius. Ketika beberapa penguin yang ada di tengah gerombolan merasa 'kepanasan', mereka akan keluar dan bergantian dengan yang ada di luar.
Hidup di koloni juga membuat penguin memiliki tingkat interaksi sosial dengan sesamanya yang terbilang tinggi. Tak jarang mereka terlibat konflik, dan penguin lain biasanya akan melerai.
6. Penguin adalah hewan yang setia
Penguin adalah hewan yang monogami. Artinya, penguin betina dan jantan hanya akan kawin dengan pasangan yang sama sepanjang waktu.
Mereka juga akan merawat telur dan membesarkan anak-anak mereka bersama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sebagian kecil penguin betina memiliki beberapa pejantan yang berbeda pada musim kawin. 
7. Penguin juga terancam punah
Dari seluruh spesies penguin, yang paling terancam punah adalah penguin bermata kuning dari Selandia Baru (Megadyptes antipodes). Jumlahnya kini tinggal 4.000 yang bertahan hidup di alam liar.
Spesies lainnya juga berada dalam ancaman, seperti penguin jambul tegak (Eudyptes sclateri) yang telah kehilangan 70 persen dari total populasinya selama 20 tahun terakhir. Penguin Galapagos juga kehilangan 50 persen dari populasinya sejak tahun 1970.
Demikian informasi mengenai fakta unik penguin. Semoga bermanfaat!