Manfaat Buah Leci
Buah leci atau Litchi chinensis merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia.
Buah yang tumbuh subur di negara beriklim tropis ini terkenal akan rasa manis yang menyegarkan. Selain dimakan langsung, buah leci mudah ditemui pada berbagai olahan menu leci dan produk makanan. Berikut manfaat dari buah leci:
1. Memelihara kesehatan jantung
Leci mengandung polifenol yang dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, buah ini juga mengandung flavonoid, tembaga, dan kalium yang baik bagi jantung.
2. Meningkatkan kepadatan tulang
Selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium yang terdapat pada buah leci juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot dan saraf. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti leci, juga diyakini mampu meningkatkan kepadatan tulang.
3. Menurunkan berat badan
Selain mengandung serat untuk melancarkan pencernaan, buah leci juga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol pada leci mampu meningkatkan metabolisme, sehingga bisa mengurangi lemak dalam tubuh. Meski diklaim mampu menurunkan berat badan, sebaiknya Anda juga menyertainya dengan olahraga secara rutin, tidur yang cukup, serta konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
4. Mendukung fungsi tubuh dan meningkatkan sistem imun
Buah leci mengandung banyak vitamin C dan berbagai jenis vitamin B termasuk niacin, riboflavin, dan tiamin. Selain itu, buah manis ini juga dilengkapi dengan asam folat, kalium, dan tembaga.
Vitamin C berperan besar dalam menjaga sistem imun tubuh. Sudah banyak terbukti bahwa kekurangan vitamin C akan bikin gampang sakit. Konsumsi vitamin C dari buah leci dapat memberikan manfaat untuk melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, vitamin B yang terkandung di dalamnya dapat menjaga fungsi saraf, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung serta otak.
5. Berpotensi mencegah berbagai penyakit kronis
Selain serat, mineral, dan vitamin, buah leci juga kaya akan antioksidan. Berbagai antioksidan yang terkandung pada bagian buah, kulit, dan kulit leci ini, antara lain epicatechin, rutin, dan oligonol.
Sebuah studi yang dipublikasikan di Semantic Scholar berbasis hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dari buah leci dapat memberikan manfaat dalam mencegah penyakit jantung, penyakit hati, kanker, dan diabetes.
6. Mengatasi sembelit
Buah leci juga dipercaya mampu mencegah dan mengatasi sembelit. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya dapat mendukung pergerakan usus dan melunakkan tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan.
7. Mengontrol kadar gula dalam darah
Kandungan serat dalam leci tak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga bermanfaat menjaga gula dalam darah. Serat pada buah ini bisa memperlambat penyerapan glukosa di usus. Saat proses penyerapan lambat, maka kadar gula lebih terkontrol. Maka dari itu, leci termasuk dalam kelompok buah yang bisa dikonsumsi penyintas diabetes. Meskipun demikian, konsumsi jumlah leci yang aman untuk dikonsumsi penyintas diabetes perlu di konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Nah itu dia manfaat dari buah leci jika di konsumsi. Semoga bermanfaat!