Pantai Praia da Marinha
Praia da Marinha adalah salah satu pantai terindah di Portugal dan seluruh Eropa.
Praia da Marinha adalah sebuah pantai yang terletak di pesisir Samudra Atlantik di Caramujeira, Munisipalitas Lagoa, Algarve. Panduan Michelin menobatkan pantai ini sebagai salah satu dari 10 pantai paling indah di Eropa dan 100 pantai paling indah di dunia. Pada tahun 1998, pantai ini juga memperoleh penghargaan "Pantai Emas" dari Kementerian Lingkungan Portugal karena alamnya. Selain itu, gambar pantai ini sering digunakan untuk materi promosi pariwisata Portugal.
Praia da Marinha  adalah salah satu pantai terindah dan simbol dari pantai Algarve, serta salah satu dari 5 pantai terindah di Portugal dan salah satu dari 10 pantai terbaik dunia. Berkat keindahannya, tempat ini segera menjadi lokasi yang sempurna untuk  pemotretan dan reportase . Pantai kecil ini ditumbuhi oleh tebing-tebing yang terkikis oleh berlalunya tahun, melahirkan berbagai formasi bebatuan seperti lengkungan, gua, atau mata air alami. Yang paling mengesankan adalah setinggi 50 meter, sementara semua yang lebih kecil tampak menari-nari di sekitarnya. Kontras antara warna kristal biru laut dan nuansa keemasan bebatuan begitu indah.
Dinding berbatu Praia da Marinha adalah rumah bagi keanekaragaman laut di daerah tersebut termasuk anemon, bulu babi, bintang laut, udang, rumput laut, gurita, dan sotong. Sudut alam yang belum tersentuh dan terpelihara dengan baik ini sangat populer di kalangan penyelam scuba, karena di sini dimungkinkan untuk menyelam dan mengamati  keindahan alam bawah laut Algarve.
Saat air surut, Anda memiliki lebih banyak ruang dan dapat berjalan ke ujung sudut kanan, sampai Anda mendekati "M rock". Namun saat air pasang, Anda hanya dapat mengakses bagian pantai ini dengan memanjat bebatuan yang terkikis yang menghalangi jalan atau berenang. Yang membuat Praia da Marinha istimewa, selain keindahan alamnya yang luar biasa dan kualitas airnya yang tinggi, adalah karena belum tersentuh dan terletak di kota kecil.
Jadi, jalan menuju Marinha keluar dari jalan utama dan untuk menuju pantai sendiri ada jalan setapak dengan turunan tajam. Tetapi saya dapat memastikan bahwa kunjungan itu bermanfaat.
Praia da Marinha berjarak sekitar 60 km sebelah barat Bandara Faro dan tidak dapat diakses dengan transportasi umum, yang berarti Anda perlu menyewa mobil atau naik taksi untuk mencapai pantai. Jika Anda memutuskan untuk naik taksi, rencanakan untuk menjemput Anda pada waktu yang telah disepakati untuk kepulangan Anda, karena akan sulit menemukan taksi di pantai.
Ada tempat parkir di atas tebing, yang menawarkan pemandangan pantai dan air yang menakjubkan. Untuk mencapai permukaan laut, Anda harus berjalan menuruni tangga panjang di sebelah kiri pantai.
Nah itulah informasi praia da marinha. Semoga bermanfaat!