Fakta Menarik Pohon
Pohon menjadi salah satu penopang kehidupan manusia. Sejarah telah menulis, manusia rela mati dibantai demi melindungi pepohonan.
Pohon merupakan tumbuhan menahun dengan batang yang tumbuh memanjang, dan mempunyai cabang dan daun pada sebagian besar spesies. Pohon biasanya memiliki banyak cabang sekunder yang ditopang oleh batangnya dari tanah. Batang ini biasanya mengandung jaringan kayu untuk kekuatan, dan jaringan pembuluh untuk membawa zat nutrisi dari satu bagian pohon ke bagian lain.
Penanaman pohon kembali atau dengan kata lain dinamakan Reboisasi, merupakan kegiatan yang semakin penting dewasa ini, namun belum banyak orang yang sadar akan hal tersebut, sehingga penanaman pohon sering kali diabaikan. Berkembangnya suatu kawasan biasanya akan membuat jumlah pohon pada area tersebut menurun menjadi sangat sedikit. Hal ini tentunya menimbulkan banyak kerugian bagi daerah tersebut di kemudian hari, karena dengan mudahnya akan banyak terjadi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, atau penyakit-penyakit yang disebabkan oleh banyaknya jumlah zat karbondioksida (CO2) di udara. Berikut ini fakta menarik tentang pohon:
1. Menyelamatkan Nyawa Manusia
Polusi udara di perkotaan memiliki efek pada kesehatan manusia. Pada tingkatan yang serius, polusi dapat menyebabkan kematian dini, peradangan paru-paru, hingga perubahan fungsi jantung. Adanya pohon di hutan kota (urban forest) mampu mengurangi risiko polusi tersebut. Dalam penelitian yang dilakukan Departemen Agrikultur Amerika Serikat, hutan kota diperkirakan bisa menyelamatkan nyawa rata-rata 1-8 warga setiap tahun.
2. Pengendali banjir, longsor dan bencana alam lainnya
Berita tentang banjir bandang, longsor dan sebagainya tentu sudah sering kita dengar. Salah satu penyebab terjadinya bencana-bencana tersebut karena pohon-pohon di hutan daerah tinggi sudah banyak ditebang. Padahal, pohon-pohon tersebut mampu menyimpan air dalam jumlah yang sangat besar, lho. Saat pohon-pohon itu ditebang tanpa ada usaha menanaminya kembali, air tersebut akan mengalir tanpa hambatan yang akhirnya menyebabkan banjir atau tanah longsor. Tidak hanya di hutan, pohon-pohon yang berada di pinggir pantai juga dapat mencegah terjadinya abrasi.
3. 3 Triliun Pohon di Dunia
Dalam artikel jurnal berjudul “Mapping Tree Density at a Global Scale” (2015) para peneliti lingkungan memperkirakan jumlah pohon di seluruh dunia mencapai 3,04 triliun. Sekitar 1,30 triliun pohon di antaranya ada di hutan tropis dan subtropis.
Berdasarkan proyeksi kepadatan pohon, penelitian itu memperkirakan lebih dari 15 miliar pohon ditebang setiap tahunnya. Adapun keseluruhan jumlah pohon di dunia telah turun sekitar 46 persen sejak dimulainya peradaban manusia.
4. pohon dapat menghemat biaya listrik dan meningkatkan nilai properti.
Kawasan yang terdapat banyak pohon biasanya akan terasa lebih sejuk. Tiga pohon yang ditanam di tempat yang tepat di sekitar bangunan dapat menghemat biaya AC sampai dengan 50 persen, oleh karena itu dapat mengurangi penggunaan listrik di dalam rumah. Selain itu, pohon juga meningkatkan nilai properti. Rumah yang dikelilingi oleh pepohonan bisa terjual 18-25 persen lebih tinggi dari rumah tanpa pepohonan.
5. Penyuplai Oksigen Bagi Manusia
Lewat proses fotosintesis, pohon merupakan salah satu makhluk hidup penyuplai oksigen di atmosfer. Departemen Ilmu Holtikultura NC State University, AS, menyebut bahwa 1 pohon besar dapat menyuplai kebutuhan oksigen untuk empat orang dalam sehari. Sebagai perbandingan, Science Focus menyebut manusia mengonsumsi sekitar 740 kg oksigen tiap tahun. Dengan demikian, setidaknya dibutuhkan 7-8 pohon ara dewasa (Platanus occidentalis) yang menghasilkan 100 kg oksigen per tahun.
6. Pohon Tertua di Dunia
Walaupun tingginya hanya 4 meter, pohon sejenis cemara yang bernama Old Tjikko telah berusia lebih dari 9.500 tahun lho. Para peneliti memperkirakan pohon ini telah ada sejak jaman es. Pohon old tjikko adalah pohon individu klonal yang membuatnya mampu bertahan hingga ribuan tahun. Jadi, ketika batang lama mati, akarnya akan tetap hidup hingga kemudian tumbuh batang baru.
7. Menciptakan lapangan pekerjaan
Fakta penting pohon lainnya adalah menciptakan lapangan pekerjaan, khususnya di sektor kehutanan. Tidak sedikit pohon yang bisa dimanfaatkan oleh kita, sebagai contoh bahan baku furnitur, kerajinan tangan, hingga rumah. Tentunya, pemanfaatan pohon ini harus diimbangi dengan kesadaran kita untuk tetap memelihara dan menanam kembali pohon-pohon tersebut
8. Dapat merasa stres, layaknya manusia.
Pohon yang berada di suatu lingkungan yang buruk, akan membuatnya stres dan menghambat pertumbuhan serta proses fotosintesisnya. Dalam lingkungan perkotaan, kualitas tanah yang buruk, kebun pohon yang penuh sesak, dan persaingan untuk air antara tanaman yang berbeda membuat stres yang paling umum bagi pohon.
Itulah beberapa fakta menarik mengenai pohon. Semoga bermanfaat!