Alasan Terbentuknya Gurun
Australia memiliki banyak gurun, keberadaan gurun terjadi karena letak astronomisnya yang berada di 11° hingga 44° lintang selatan.
Secara astronomis benua ini terletak diantara kurang lebih 11°LS-44°LS dan kurang lebih 115°BT-153°BT. Luas Australia mencapai sekitar 7.682.300 km² atau hanya sekitar 5,2% wilayah daratan dunia. Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (belum termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua), dan pengakuan perluasan Zona Ekonomi Eksklusif seluas 8.148.250 km². Zona ekonomi eksklusif ini tidak termasuk Teritorial Antartika Australia. Tidak termasuk Pulau Macquarie, Australia terletak di antara 9° LS, dan 44° LS, dan 112° BT, dan 154° BT.
Bahkan dua pertiga wilayah di Australia terdiri dari gurun pasir. Namun banyak yang tak mengetahui keberadaan gurun di Australia karena apa penyebabnya. Pertanyaan tersebut kerap kali dibicarakan banyak orang yang kurang memahami benua Australia. Perlu diketahui, gurun adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, bahkan kurang dari 250 mm per tahun. Dikutip dari Australian Bureau of statistic (ABS), Australia merupakan benua terkering di dunia dan memiliki wilayah gurun terluas di belahan bumi selatan. Lebih dari sepertiga benua secara efektif merupakan gurun dan lebih dari dua pertiga benua diklasifikasikan sebagai kering atau semi kering.
Dengan kondisi udara yang kering dan panas, gurun subtropiss Australia terbentuk. Dilansir dari Geoscience Australia, gurun Australia tersebar di dataran tinggi Barat dan dataran rendah pedalaman, melingkupi sekitar 18 persen dari total daratan Australia. Pusat Iklim Nasional, Biro Meteorologi Australia, mencatat bahwa di seluruh dunia, terdapat sabuk tekanan tinggi di subtropis berdasarkan garis lintang sekitar 30° (Utara dan Selatan), yang menyebabkan kondisi kering di wilayah dekat garis lintang ini. Kondisi kering Australia juga terjadi pada aliran timur secara umum ke Utara sabuk bertekanan tinggi ini, kecuali di dekat pantai timur daratan Australia dimana aliran ini mengandung uap air dari samudera Pasifik.
Interior kontinental juga jauh, kesegala arah dari sumber potensial kelembaban. Sebagian besar Australia, tidak ada batas yang tegas antara daerah gersang dan daerah dengan kelembaban yang cukup. Tidak adanya uap air di daerah Australia, menyebabkan daerah menjadi kering. Posisi Australia tersebut itulah yang menjadikan Australia sebagai lokasi utama terjadinya gurun pasir. Berikut daftar gurun yang berada di Australia :
Wilayah gurun yang mendominasi daratan Benua Australia, diperkirakan luasnya sekitar 1.492.000 km2. Di bagian tengah berupa gurun dataran rendah meliputi:
• Gurun Great Victoria (Australia Barat, Australia Selatan).
• Gurun Tanami (Australia Barat, Northern Territory)
• Gurun Great Sandy (Australia Barat )
• Gurun Gibson (Australia Barat)
• Gurun Simpson (Northern Territory, Queensland, Australia Selatan)
• Gurun Tirari (Australia Selatan)
• Gurun Strzelecki (Australia Selatan, Queensland, New South Wales)
Gurun Australia sering digambarkan sebagai tanah abadi. Selama 30 tahun terakhir, penelitian arkeologi dan sejarah lingkungan kuarter gurun Australia telah mengungkapkan, tidak hanya kekhasan mereka tetapi juga sejarah mereka yang kaya. Karena itu tidak heran jika banyak beragam tumbuhan dan hewan khas yang hanya ada di Australia dan tidak terdapat di bagian tempat lain di dunia.
Nah itu dia penjelasan mengenai alasan terbentuknya gurun di australia. Semoga bermanfaat!