Jenis Bunga Paling Wangi
Memelihara tanaman di rumah ada banyak manfaatnya membuat udara lebih segar, menjaga kelembapan dan membersihkan racun di udara.
Kehadiran bunga sering kali menjadi simbol keindahan. Tak heran jika banyak orang hobi menanam bunga di sekitar rumah. Semerbak wanginya membuat suasana sekitar rumah lebih asri dan alami. Beberapa jenis bunga mengeluarkan aroma wangi sepanjang hari, sementara ada juga yang hanya pada sore atau malam hari. Berikut ini jenis bunga paling harum:
1. Gardenia
Aroma harum bunga gardenia menjadi salah satu aroma parfum favorit. Bunga gardenia pun akan beraroma lebih harum jika ditempatkan di halaman rumah. Bunga berwarna putih susu ini mengeluarkan aroma yang kuat dan eksotis.
2. Kacapiring
Nama latinnya Gardenia jasminoides dan di luar negeri lebih dikenal dengan nama gardenia. Namun tanaman ini lebih populer disebut kacapiring atau ceplok piring di Indonesia. Anda bisa menanam kacapiring di pot berukuran sedang atau besar dan meletakkannya di beranda yang tersiram cahaya matahari berlimpah. Jika ditempatkan di dalam ruangan, pastikan ruangan masih mendapatkan cahaya yang cukup dan memiliki tingkat kelembapan yang baik.
3. Geranium Wangi
Ada banyak spesies geranium yang ditemukan di seluruh dunia. Beberapa di antara tanaman bergenus Pelargonium ini memiliki daun yang mengandung minyak aromatik. Minyak inilah yang biasanya tidak disukai nyamuk. Beberapa jenis geranium berdaun wangi mengandung minyak esensial yang baunya mirip dengan Citronella. Spesiesnya antara lain Pelargonium crispum, Pelargonium citronellum (Pelargonium Mabel Grey), Pelargonium x melissinum, dan Pelargonium citrosum.
4.Melati merah muda
Berbicara soal tanaman yang mengeluarkan aroma harum, tentu kita akan langsung terpikir dengan bunga melati. Namun, menurut laman Simple Most, bunga melati yang paling harum adalah Jasminum polyanthum alias melati merah muda. Umumnya, bunga ini akan mengeluarkan aroma yang manis di malam hari. Bunga melati merah muda bisa tumbuh hingga tinggi 6 meter. Bisa ditanam di luar atau dalam ruangan, tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari langsung. Tanaman ini memerlukan air yang cukup banyak, terlebih saat sedang berbunga. Tanahnya disarankan agar selalu lembap, ujar laman Our House Plants.
5. Melati
Bunga yang menjadi simbol nasional dengan julukan puspa bangsa ini memang dikenal karena aromanya yang harum. Ada banyak jenis melati, dua yang paling populer di tanah air adalah melati putih (Jasminum sambac) dan melati gambir (Jasminum officinale). Keduanya juga kerap digunakan untuk campuran teh, karena aromanya yang sangat khas tersebut.
6. Anggrek
Kita semua tahu bahwa anggrek adalah bunga yang cantik dan menjadi ikon nasional Indonesia. Beberapa jenis anggrek juga memiliki aroma yang lembut dan menenangkan. Namun, banyak orang menganggap anggrek sebagai tanaman yang high maintenance. Sehingga, tidak banyak orang yang memelihara karena takut tidak bisa merawatnya dengan baik. Anggapan itu tak sepenuhnya benar. Menurut laman Orchid Info, setidaknya kita perlu menempatkan anggrek di tempat yang terang tapi terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Apabila daun mulai menguning, itu tandanya anggrek terlalu banyak terkena sinar matahari. Selain itu, siram anggrek seminggu sekali dengan mencelupkan akar ke dalam ember berisi air.
7. Marigold
Bunga marigold memiliki aroma yang khas. Aroma ini ternyata tidak disukai nyamuk juga. Menurut New York Botanical Garden, marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini pun tak disukai kutu daun, lalat putih, dan hama serangga lainnya. Tanamlah marigold di pot dan letakkan di sudut yang mendapat siraman cahaya matahari berlimpah.
Nah itu dia jenis bunga paling wangi. Semoga Bermanfaat!