Manfaat Pohon Pinus
Pohon Pinus adalah jenis tanaman pinus yang tumbuh asli di wilayah Indonesia.
Sebagai tanaman pionir yang dapat tumbuh di berbagai kondisi dan produk utamanya sebagai penghasil getah, pinus banyak ditanam oleh Perum Perhutani di Pulau Jawa. Hutan pinus telah banyak dikembangkan di Pulau Jawa sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Hampir semua bagian pohon pinus dapat digunakan, antara lain bagian batangnya dapat disadap untuk diambil getahnya. Getah dari pohon pinus sendiri dapat diolah menjadi bahan dasar pengencer cat. Sedangkan hasil kayunya bermanfaat untuk konstruksi, korek api, kertas dan lain sebagainya. Aromanya pohon pinus kerap digunakan untuk terapi, tak hanya itu ada beragam manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari adanya pohon pinus baik bagi kesehatanmu maupun keperluan industri. Berikut penjelasan mengenai berbagai manfaat pohon pinus untuk industri dan kesehatan:
1. Bahan dasar pembuatan furnitur
Kayu dari pohon pinus memiliki serat yang halus yang membuatnya mudah diolah dan diproses. Hal ini menjadikan kayu pinus sangat populer digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai furnitur seperti lemari, kursi, meja, dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak jenis pinus, jenis merkusi dan radiata merupakan yang paling populer digunakan sebagai bahan dasar furnitur karena dikenal memiliki kualitas yang baik.
2. Mengandung Flavanoid dan Vitamin C
Manfaat pohon pinus yang pertama adalah berkaitan dengan kandungan flavanoid dan vitamin C. Pada tahun 1940-an peneliti Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa pohon pinus kaya akan antioksidan, yaitu flavonol dan bioflavonoid. Senyawa ini kemudian diekstraksi menjadi Pycnogenol dan dipasarkan menjadi suplemen diet. Pycnogenol juga digunakan sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, bahkan obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia.
3. Mengurangi Stres
Selain meredakan nyeri otot, manfaat pohon pinus untuk kesehatan berikutnya adalah mengurangi stres. Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari mampu menurunkan stres. Jika di daerah kamu sulit menemukan hutan pinus, maka ini bisa diganti dengan menggunakan minyak esensial pinus atau cemara. Selain meredakan stres, aroma pinus juga bisa menenangkan emosi.
4. Bahan baku untuk pengepakan atau pengemasan
Dalam distribusi barang salah satu hal yang penting diperhatikan adalah pengepakan atau pengemasan. Agar barang yang dikirim dapat sampai dengan selamat maka diperlukan pengemasan yang baik. Biasanya barang-barang dikemas dalam peti, palet, atau tong yang terbuat dari kayu. Jenis kayu yang biasa digunakan adalah kayu lunak seperti kayu pinus. Alasannya karena kayu ini kepadatannya lebih rendah sehingga lebih mudah dibentuk.
5. Meredakan nyeri otot
Selain untuk mengatasi gangguan pernapasan minyak esensial pinus juga dapat dimanfaat untuk meredakan nyeri otot. Caranya dengan memijat bagian otot yang nyeri dengan minyak pinus yang telah dicampur dengan minyak sayur. Khusus untuk obat oles sebaiknya gunakan minak pinus jenis P. Pinaster dan bukan Scotch Pinus karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
6. Mengobati berbagai gangguan pernapasan
Jika anda menderita gangguan pernapasan seperti sinus, pilek, bronchitis, dan sesak napas maka anda juga bisa memanfaatkan minyak essensial dari pinus untuk mengatasinya. Caranya dengan menghirup aroma minyak esensial pinus yang telah dicampur air panas lewat mulut dan hidung.
7. Sumber Makanan
Kulit bagian dalam pohon pinus juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan darurat, bro. Kulit dalamnya dapat direbus, digoreng, maupun dipanggang. Rasanya sedikit manis. Kacang pinus juga bisa dimakan dengan cara memanggangnya terlebih dahulu.
8. Pengusir Serangga
Dalam survival, serangga memiliki manfaat positif sebagai makanan alternatif, namun juga merupakan hewan parasit yang mengganggu dan mampu mengancam keselamatan. Sebut aja nyamuk, kalajengking, laba-laba, hingga kelabang. Untuk mengusir serangga, getah pohon pinus dapat dibakar yang berfungsi sebagai obat nyamuk alami. Sementara itu daun pohon pinus juga mempunyai bau yang nggak disukai oleh serangga, sehingga bisa membalurkannya ke kulit atau menempatkannya pada tenda agar serangga nggak mengganggu.
Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari semua bagian pohon pinus. Semoga bermanfaat!