Mengenal Pulau Lofoten
Lofoten adalah sebuah kepulauan dan distrik tradisional di county Nordland, Norwegia.
Lofoten memiliki pemandangan yang khas dengan pegunungan dan puncak yang dramatis, laut lepas dan teluk yang terlindung, pantai dan daratan yang belum tersentuh. Ada dua kota, Svolvær dan Leknes – yang terakhir berjarak sekitar 169 km (105 mil) di utara Lingkaran Arktik dan sekitar 2.420 km (1.500 mil) dari Kutub Utara. Kepulauan ini mengalami salah satu anomali suhu tinggi terbesar di dunia relatif terhadap garis lintangnya yang tinggi. Kepulauan Lofoten terdiri dari 7 pulau utama, dengan fjord dan selat sempit di antara pulau-pulau tersebut. Antara daratan dan Lofoten terletak Vestfjord yang terbuka. Dari kejauhan kepulauan itu tampak seperti satu pulau terjal yang disebut Tembok Lofot. Karena Arus Teluk, iklimnya ringan, terlepas dari garis lintang utara Lingkaran Arktik. Antara 25 Mei dan 17 Juli Anda dapat mengalami matahari tengah malam, dan mulai awal Mei malam cerah.
Lebih jauh ke selatan adalah pulau-pulau kecil dan terpencil Værøy ( 67 °40′LU 12 °40′BT ) dan Røst ( 67°37′LU 12°7′BT ). Total luas daratan mencapai 1.227 kilometer persegi (474 ​​mil persegi), dan jumlah penduduk 24.500 jiwa. Banyak yang akan berpendapat bahwa Hinnøya, bagian utara Austvågøy dan beberapa ratus pulau kecil, pulau karang dan bebatuan di sebelah timur Austvågøy juga merupakan bagian dari kompleks Lofoten. Secara historis, definisi teritorial Lofoten telah berubah secara signifikan. Di antara daratan utama dan kepulauan Lofoten terletak Vestfjorden yang luas dan terbuka , dan di utara adalah Vesterålen . Kota-kota utama di Lofoten adalah Leknes di Vestvågøy dan Svolvr di Vågan. Pulau-pulau utama bergabung satu sama lain dan daratan oleh jembatan jalan.
Kepulauan Lofoten dicirikan oleh pegunungan dan puncaknya, teluk kecil yang terlindung, bentangan pantai dan daerah perawan yang luas. Gunung tertinggi di Lofoten adalah Higravstinden (1.161 meter (3.809 kaki)) di Austvågøy; Taman Nasional Møysalen di timur laut Lofoten memiliki pegunungan yang mencapai 1.262 meter (4.140 kaki).
Kepulauan ini terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, pemukiman nelayan yang indah, ikan rorbu (pondok nelayan) dan satwa liar yang melimpah. Permukiman kecil dengan ciri khas Rorbus ditemukan di sekitar pulau. Saat ini banyak dari mereka digunakan sebagai akomodasi bagi pengunjung ke pulau-pulau. Hiking di musim panas & ski off-piste menuruni sisi gunung yang curam adalah kegiatan yang populer. Mayoritas penduduk di kepulauan ini bekerja sebagai nelayan, jadi rumah rumah penduduknya pun berbentuk cabin-cabin khas Lofoten. Selain itu, Lofoten Islands sudah berada di arctic circle, sehingga kesempatan untuk bisa menyaksikan Aurora Borealis sangat tinggi.
Lofoten menawarkan banyak kesempatan panjat tebing dan pendakian gunung . Ini memiliki 24 jam siang hari di musim panas dan memiliki pegunungan bergaya Alpine, puncak dan gletser , tetapi pada ketinggian kurang dari 1.200 meter (3.900 kaki). Pusat utama panjat tebing adalah Henningsvr di Austvågøya. Area utama untuk mendaki gunung dan mendaki berada di Austvågøy dan Moskenesøya . Moskenesya memiliki fitur pendakian gunung yang terpencil dan serius sedangkan Austvågøy adalah area yang sangat populer untuk panjat tebing. Unstad adalah salah satu lokasi yang lebih dikenal untuk berselancar. Setiap bulan September peselancar dari seluruh dunia berkunjung untuk bersaing di Lofoten Masters.
Demikianlah informasi seputar pulau Lofoten. semoga bermanfaat!