Fakta Unik Tupai
Tupai masuk dalam golongan mamalia kecil dan kerap disamakan dengan bajing.
Mamalia kecil ini diketahui berasal dari daratan Amerika dan juga Eropa serta telah tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah hutan tropis yang memiliki padang pasir. Di Indonesia sendiri, tupai banyak ditemukan di daerah Borneo di pulau Kalimantan. Panjang tubuhnya pun tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 15 cm dengan ekor melengkung dengan panjang mencapai 18 cm. Makanan utama tupai adalah kacang dan buah-buahan. Akan tetapi, terkadang hewan ini juga memakan tumbuhan dan serangga kecil. Pada umumnya, tupai pandai memanjat dan memiliki indera penglihatan, pendengaran, serta penciuman yang baik. Berikut ini fakta unik mengenai tupai:
1. Sulit Menyelinap
Tupai memiliki penglihatan yang sangat tajam, penglihatan sekililingnya sama bagusnya dengan penglihatan fokusnya. Jadi tupai dapat melihat apa saja yang ada di atas dan disampingnya tanpa menggerakkan kepala. Tapi, penglihatan warna tupai tidak begitu besar, lensa kuning pucatnya berfungsi sebagai kacamata hitam alami untuk menghindari sinar matahari.
2. Tupai berlari ziga zag untuk menghindari predator
Terdapat banyak cara yang dilakukan hewan untuk menghindari serangan musuh, salah satunya adalah dengan berlari zig zag seperti yang dilakukan oleh tupai. Ketika tupai merasa terancam, maka tupai akan berlari secara zig-zag. Cara ini merupakan strategi yang tepat untuk melarikan diri dari serangan elang maupun predator lainnya.
3. Berlatih “Deceptive Catching”
Kacang merupakan makanan kesukaan dari Mamalia kecil ini, untuk itu mereka akan senantiasa menjaga makanan tersebut dari cengkraman predator lain. Biasanya mereka akan menyembunyikan persediaan makanan tersebut untuk menyambut musim dingin dengan cara menggali lubang dan menyimpannya di dalam tanah. Akan tetapi, jika lubang tempat persembunyian itu diketahui oleh orang atau hewan lain, maka Mamalia kecil ini tidak akan menggali lubang itu lagi selamanya. Mereka akan kembali mencari tempat persembunyian yang lebih aman dari tempat sebelumnya.
4. Memiliki Kemampuan Melompat yang Baik
Meskipun berukuran kecil, tupai memiliki kemampuan melompat yang sangat baik sesuai dengan julukannya. Rata-rata lompatan dari seekor tupai dewasa dapat menjangkau jarak hingga 3 meter bahkan lebih. Ini didukung dengan lapisan khusu pada lengannya yang mampu melebar ketika tubuhnya melompat dan memberikan efek seolah-olah mereka dapat terbang. Bahkan, ada peribahasa yang menyangkutkan kemampuan tupai dalam melompat, yaitu peribahasa dalam bahasa Indonesia yang berbunyi : “Sepandai-pandai tupai melompat, pasti akan jatuh juga.”
5. Kegunaan Bulu Ekor
Bulu ekor tupai yang cukup lebat ini memiliki fungsi sebagai selimut saat di musim dingin dan juga kerai atau payung di musim panas. Ekor ini juga membantu keseimbangan dan bisa digunakan untuk komunikasi. Seorang peneliti mengajarkan beberapa tupai di sebuah kampus untuk membuka kotak yang berisi kenari dan biji jagung kering atau tidak. Hasilnya, ia menemukan bahwa tupai menggunakan gerakan ekor yang panjang dan menyapu saat ia menemukan sebuah kotak tanpa barang atau terkunci. Peneliti tidak yakin apakah gerakan ekor tersebut merupakan peringatkan pada tupai lain atau ekspresi jijik. Pastinya, tupai menggunakan gerakan ekor yang sama saat ia memasuki mode pertempuran.
6. Suka Berbohong
Selain memiliki kemampuan melompat yang baik, ternyata Mamalia kecil ini juga hewan yang suka berbohong. Mereka cenderung teliti dalam menjaga persediaan makanan agar tidak direbut oleh predator lain. Mereka akan pura-pura menggali tanah untuk mengelabui musuhnya seolah-olah sedang menyimpan sesuatu di dalamnya. Sementara makanan yang asli mereka simpan di dalam mulut atau di tempat lain. Selama musuh tertipu, mereka akan segera kabur dan mencari tempat lain yang lebih aman.
7. Tupai pandai menyembunyikan makanan
Tupai sangat pandai dalam menyembunyikan kacang sebagai persediaan makanan mereka untuk musim dingin. Tupai akan melakukan berbagai cara dalam melindungi persediaan makanannya tersebut dari incaran tupai lain atau pun burung.
8. Tupai selalu menyikat gigi
Tupai selalu membersihkan giginya. karena sering digunakan untuk mengunyah makanan. Alat yang digunakan untuk menyikat gigi tersebut adalah ranting pohon. Selain dijadikan sikat gigi, ranting tersebut juga berguna menajamkan gigi tupai.
Demikian beberapa fakta unik dan menarik seputar tupai. Semoga bermanfaat!