6 Hal Yang ditakuti Kucing
Jika kamu sering mengamati gerak-gerik kucing, mereka selalu tampak waspada walaupun sedang memejamkan mata.
Kucing sebenarnya merupakan hewan yang sangat sensitif, sehingga mereka lebih mudah merasa takut daripada anjing. Padahal kucing merupakan predator yang memiliki cakar dan gigi tajam untuk menyerang musuhnya.
Namun, perlu diketahui bahwa kucing merupakan mesopredator, yang artinya mereka memiliki predator lain di atas mereka yang dapat menjadikannya mangsa. Maka, wajar bagi kucing untuk memiliki ketakutan. Berikut beberapa hal yang ditakuti oleh kucing:
1. Suara yang keras atau berisik
Jika kamu memelihara kucing dan sering mengamati gerak-geriknya, kamu pasti sadar bahwa mereka akan cepat bersembunyi ketika rumahmu kedatangan banyak orang. Ini terjadi karena hewan tersebut takut akan suara yang keras dan berisik. 
Hal ini terjadi karena kucing memiliki indra pendengaran yang super sensitif. Jangankan suara keras, suara langkah kaki hewan kecil yang menjadi mangsanya saja bisa terdengar jelas. Itulah kenapa mereka memilih untuk menghindar dari keramaian. Karakteristik ini akhirnya membuat kucing takut akan banyak hal. Contohnya suara vacuum cleaner, mesin, guntur, petasan, hingga bel rumah. Begitu pula dengan suara manusia yang terlalu keras.
2. Bahan kimia pembersih
Kucing sensitif terhadap aerosol dan bahan pembersih. Beberapa bahan kimia ini bahkan dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Hindari penggunaan bahan kimia yang kuat untuk membersihkan kotak kotoran. Gunakan pembersih ramah hewan peliharaan tanpa pewangi atau organik.
3. Mentimun
Yang satu ini pasti akan membuatmu terheran-heran, tetapi itulah kenyataannya. Mayoritas kucing ternyata takut terhadap mentimun. Ada banyak video di YouTube dan media sosial yang bisa menjadi bukti. Namun apa alasannya? Dilansir Animal Wised, di mata kucing, bentuk mentimun rupanya mirip dengan predator yang mereka takuti, yaitu ular dan reptil lain. Ketika melihat mentimun di sampingnya, sontak kucing akan melompat dan lari terbirit-birit. Mereka takut "predator" itu akan menyerangnya. 
4. Manusia Asing
Jika Anda memiliki kucing yang antisosial atau jarang disosialisasikan dengan baik denga manusia lain sejak usia muda, mereka akan sering takut dengan manusia asing. Kucing biasanya akan mengamati dari jauh atau bersembunyi dari seseorang asing itu, sampai mereka benar-benar yakin bahwa manusia yang baru ditemuinya itu tidak berbahaya. Oleh karena itu, perilaku tamu akan sangat berperan dalam membantu kucing menyesuaikan diri dengan mereka. Bila teman Anda baru kali ini bertemu dengan kucing Anda, sebaiknya hindari untuk mencoba memaksa memegang, membelai, atau memeluk kucing.
5. Objek Asing
Sayangnya, tidak semua kucing menyukai hal-hal baru dan menjadikannya bahan untuk menyelidiki yang menyenangkan. Bahkan, kucing bisa merasa ketakutan hanya karena sebuah timun yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Anda mungkin pernah melihat beberapa kasus ini dari video lucu kucing, yang mana pemilik mereka jadi tampak seperti menakut-nakuti kucing dengan sayuran. Ini jelas tidak membantu kucing untuk mengenal apa itu timun. Anda harus mengenalkan objek baru pada kucing secara perlahan dan hati-hati.
6. Kucing dan anjing lain
Anjing menempati urutan teratas untuk membuat kucing merinding. Kucing bisa menjadi ketakutan ketika mereka melihat anjing atau kucing tak dikenal berkeliaran di wilayah mereka. Tingkat stres yang tinggi bahkan bisa membuat kucing saling menyerang. Jadi berikan mereka lingkungan yang aman di mana mereka dapat hidup dan menjelajah tanpa rasa takut.
Nah, sekarang kamu telah mengetahui apa saja yang membuat kucing merasa takut. Semoga bermanfaat!