Jenis Singa Di Dunia
Singa tersebut merupakan spesies kucing terbesar kedua di dunia setelah harimau.
Singa di alam hidup secara berkelompok yang terdiri dari satu ekor jantan dan banyak betina. Singa dapat hidup hingga 10 tahun -15 tahun di alam liar dan dapat hidup sekitar 20 tahun. Singa jantan memiliki ukuran panjang sekitar 260 cm hingga 330 cm, panjang ekor sekitar 70 cm hingga 105 cm dengan berat sekitar 150 kilogram – 250 kilogram. Sedangkan singa betina memiliki panjang sekitar 240 cm sampai 270 cm, panjang ekor betina sekitar 60 cm hingga 100 cm dengan berat sekitar 120 kilogram sampai 185 kilogram.
Antara singa betina dan jantan yang lebih aktif mencari makan atau berburu justru betina sedangkan singa jantan hanya menunggu jatah dari betina. Singa Jantan memiliki bulu tebal disekitar tengkuknya sedangkan betina tidak punya. Singa tidak menyukai air dan tidak bisa memanjat seperti jenis kucing besar lainnya. Singa berada di tempat atas dalam rantai makanan. Ukuran, kekuatan, dan suaranya yang mengesankan menjadikannya lawan yang sulit untuk diatasi dalam ekosistem. Namun demikian, masih ada beberapa jenis singa yang berada dalam bahaya kepunahan dan/atau yang telah punah seluruhnya. Berikut ini jenis singa yang ada di dunia:
1. Singa Kongo
Singa Kongo (Panthera leo azandica), juga dikenal sebagai singa Afrika tengah, adalah subspesies singa yang tersebar di sepanjang dataran benua Afrika, terutama di Uganda dan Republik Kongo. Singa Kongo dicirikan oleh panjangnya yang berkisar antara 2,5 meter sampai atau 2,8 meter. Selain itu, subspesies singa ini dapat memiliki berat antara 150 dan 190 kg. Singa jantan dikenali oleh surai khasnya yang gelap, kurang lebat dibanding varietas singa lainnya. Warna bulunya bisa berkisar antara warna pasir dan cokelat tua.
2. Panthera leo bleyenberghi
Panthera leo bleyenberghi atau Singa Katanga yang berhabitat di Kongo, Namibia, Angola, Zaire, Barat Zambia, Barat Zimbabwe dan utara Botswana. Jantan memiliki Panjang dari kepala hingga ekor sekitar 2,5-3,10 meter (8,2-10,2 kaki) Sedangkan betina sekitar 2,3-2,65 meter (7,5-8,7 kaki). Berat jantan umumnya 140-242 kg (308-533 pon) dan untuk betina sekitar 105-170 kg (231-378 pon). Jantan Dan betina memiliki tinggi bahu sekitar 0,90-1,20 meter (3,0-4,0 kaki).
3. Singa Barbary
Singa Barbary (Panthera leo leo) adalah subspesies yang punah sekitar tahun 1942. Namun, ada beberapa spesimen yang dapat ditemukan di kebun binatang, seperti yang ditemukan di Rabat (Maroko). Namun, persilangan dengan subspesies singa lainnya mempersulit upaya untuk melestarikan singa Barbary murni. Menurut catatan, subspesies ini merupakan salah satu yang terbesar, ditandai dengan surai besar dan suburnya. Mereka tinggal di hutan Savannah dan hutan Afrika.
4. Panthera leo senegalensis
Panthera leo senegalensis atau Singa Afrika Barat atau Singa Senegal adalah subspesies singa yang berhabitat di Senegal, Afrika Barat.
5. Singa Afrika Barat (PI Leo)
Singa Afrika Barat yang terancam punah atau singa Senegal ( Panthera leo senegalensis ) mendiami Afrika barat dari Republik Afrika Tengah hingga Senegal. Singa Afrika Barat adalah yang terkecil di antara singa Afrika sub-Sahara. Hanya sekitar 1.800 individu tetap sebagai populasi kecil dan terfragmentasi di Afrika Barat.
6. Singa Masai (PI melanochaita)
Singa Afrika Timur atau Singa Masai ( Panthera leo nubica ) ditemukan di Afrika Timur dimana muncul di negara-negara Kenya, Ethiopia, Mozambik, dan Tanzania. Singa Masai memiliki punggung yang tidak terlalu melengkung dan kaki yang lebih panjang dibandingkan subspesies singa lainnya. Jambul rambut sedang ada di sendi lutut laki-laki. Surai singa Masai tampaknya disisir ke belakang, dan surai jantan yang lebih tua memiliki surai yang lebih penuh daripada yang lebih muda. Singa Masai jantan hidup di dataran tinggi di atas 2.600 kaki, dan memiliki surai yang lebih berat dibandingkan dengan yang hidup di dataran rendah. Singa Masai jantan mencapai panjang antara 8,2 kaki dan 9,8 kaki. Singa betina lebih kecil dengan panjang mulai dari 7,5 kaki hingga 8,5 kaki.
7. Singa Asia (PI leo)
Singa Asia atau Singa India ( Panthera leo persica ) meskipun pernah tersebar luas dari Turki melintasi Asia Barat Daya hingga anak benua India, saat ini terbatas di Taman Nasional Gir dan Suaka Margasatwa di negara bagian Gujarat, India. Hanya sekitar 523 singa jenis ini yang tersisa di hutan ini.
Itulah beberapa jenis singa yang ada di dunia. Semoga bermanfaat!